Cara Mengobati Ayam Aduan yang Terkena Pukul Saraf

Cara Mengobati Ayam Aduan yang Terkena Pukul Saraf - Seperti yang kita ketahui jika saraf merupakan bagian vital dari ayam aduan dan sangat berbahaya apabila ayam aduan cedera karena terkena pukul saraf yang terlalu berat. Tidak jarang dari para botoh sekalian mengalami kejadian serupa dimana ayam aduan kesayangan kita saraf motoriknya terganggu setelah diadu. Kemungkinan kerusakan saraf pada ayam disebabkan akibat pukulan yang berat ke arah kepala dan leher ayam aduan. Untuk ayam yang sudah tua memang lebih baik untuk dipensiunkan tapi bagaimana jika ayam yang terkena saraf adalah ayam muda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menyemuhkannya.
Ayam Aduan yang Terkena Pukul Saraf

Ciri-ciri ayam yang terkena pukul saraf yaitu ayam menjadi sering kaget dan kejang-kejang seperti terkena penyakit ayan. Untuk mengobati dan menyembuhkan ayam yang terkena pukul saraf memang sangat susah dan memerlukan keberuntungan. Kemudian untuk mengobati saraf ayam memerlukan waktu yang cukup lama sama seperti penyakit turun urat dan ayam yang sudah pernah mengalami kerusakan saraf meskipun sembuh sewaktu-waktu kemungkinan bisa saja kumat.

Meskipun begitu kemungkinan berhasil tidaklah nol persen, jadi jangan berkecil hati jika ayam kesayangan anda terkena penyakit saraf. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara mengobati ayam aduan yang terkena pukul saraf.

Cara Mengobati Ayam Aduan yang Terkena Pukul Saraf

Ayam Diistirahatkan Total

Ayam yang terkena pukul saraf dan mengalami kerusakan saraf sebaiknya diistirahatkan hingga 1 atau 2 bulan. Jika kerusakan saraf tidak terlalu parah maka dalam kurun waktu tersebut sudah bisa dilihat perubahan ayam yang membaik. Dalam poses ini sebaiknya ayam jangan diabar dan biarkan saja di dalam kandang. Kemudian sesekali umbar ayam dan biarkan ayam mandi pasir (kipu).

Berikan Pakan yang Lunak

Ayam yang mengalami kerusakan saraf sebaiknya diberikan pakan yang lunak dan muda dicerna. Kemungkinan ayam yang sarafnya rusak juga mengalami cedera pada bagian pencernaan. Sebaiknya berikan pakan berupa nasi dan konsentrat atau bubuk jagung. Selain itu coba saat pemberian pakan diletakan di atas lantai yang permukaannya datar.

Lakukan Pemijatan Pada Ayam

Untuk memulihkan saraf ayam yang rusak bisa juga dengan cara memijat pada bagian tubuh ayam. Kemudian pemijatan sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati kemudian dilakukan secara rutin. Agar lebih mudah saat memijat sebaiknya usap badan ayam dengan menggunakan air hangat.

Lakukan Pemberian Jamu

Jamu adalah ramuan yang diracik menggunkan bahan-bahan herbal. Pemberian jamu bertujuan untuk menyehatkan ayam dan mengobati dari dalam. Pengalaman rekan saya mengobati penyakit saraf ayam dengan menggunakan merica dan gula merah yang diberikan setiap sore pada ayam dan terbukti dalam satu bulan ayam sudah normal.

Memang untuk mengobati ayam yang terkena pukulan berat memang susah dan butuh kesabaran, terkadang justru setelah sembuh malah ayam menjadi turun mental dan tidak berani tarung. Akan tetapi walaupun demikian tidak ada salahnya jika mencoba. Itulah sedikit bahasan mengenai Cara Mengobati Ayam Aduan yang Terkena Pukul Saraf yang dapat kami sajikan, Semoga bermanfaat.




0 Response to "Cara Mengobati Ayam Aduan yang Terkena Pukul Saraf"

Post a Comment