7 Khasiat dan Manfaat Daging Bekicot Untuk Ayam Aduan

gambar bekicot
gambar by id.wikipedia.org

Bekicot adalah salah satu binatang yang memiliki banyak manfaat untuk ayam bangkok aduan. Meskipun banyak yang mengganggap jika hewan ini sebagai hama perusak tapi sebenarnya banyak dari peternak unggas yang menjadikan bekicot untuk pakan binatang ternak.

Perlu diketahi jika ternyata daging Bekicot memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk binatang ternak. Bekicot kaya akan protein, lemak, karbohidrat, zat besi, kalsium, fosfor, sodium, selenium dan mengandung bebagai vitamin seperti vitamin A, B12 dan E.

Kemudian banyak dari para peternak menjadikan bekicot sebagai solusi penghematan pakan guna sebagai pengganti tepung ikan. Selain itu, keuntungan dari penggunaan pakan bekicot ialah karena di Indonesia sangat mudah ditemukan dan juga mampu meningkatkan hasil budidaya peternakan.

7 Khasiat dan Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan


1. Mempercepat Pertumbuhan Ayam Aduan

Kandungan protein yang sangat besar pada daging bekicot sangat bagus untuk pertumbuhan ayam. Setiap 100 gram daging bekicot memiliki kandungan protein sebesar 12% yang baik untuk menunjang pertumbuhan tubuh ayam aduan hingga mencapai ukuran yang maksimal.

2. Baik untuk Memperlancar Peredaran Darah Pada Ayam

Protein yang terkandung pada daging bekicot akan membuat kerja jantung menjadi lebih baik sehingga peredaran darah akan menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar akan menyebabkan warna kulit pada ayam aduan terlihat lebih merah dan juga akan meningkatkan stamina pada ayam aduan.

3. Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Meskipun belum terbukti secara ilmiah tapi banyak botoh yang mengatakan jika bekicot bisa memperpanjang nafas ayam. Jika untuk manusia bekicot mampu untuk mengobati penyakit asma dan menyehatkan pernafasan, maka tidaklah heran jika banyak botoh yang memiliki asumsi demikian.

4. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Bekicot adalah hewan yang memiliki kemampuan penyemuhan terhadap luka ayam dengan cepat karena memiliki lendir dengan enzim khusus pada dagingnya. Kemungkinan besar jika bekicot ini dikonsumsi akan dapat menyembuhkan luka dengan cepat, begitupula untuk ayam aduan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ayam

Pada daging bekicot terkandung vitamin B dan vitamin B12 yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu daging bekicot juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan pada ayam aduan kesayangan kita.

6. Menyehatkan Bulu Ayam Aduan

Asam amino yang terkandung pada daging bekicot sangat berguna untuk menguatkan bulu ayam aduan agar tidak mudah rontok. Selain itu bekicot memiliki kandungan hampir sama dengan minyak ikan yang berguna untuk membuat bulu ayam menjadi terlihat mengkilap dan sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan bulu pada ayam yang sedang ganti bulu (mabung).

7. Mencegah Penyakit Kurap

Jika pada manusia daging bekicot sering digunkan sebagai obat gatal di bagian kulit. Kemudian begitu pula untuk ayam aduan, kandungan lendir pada bekicot dipercaya bisa membunuh pertumbuhan bakteri penyebab penyakit gatal atau kurap pada ayam aduan.


Memang sudah banyak sekali para peternak seperti peternak bebek, ayam petelur ayam kampung yang menggunakan daging bekicot sebagai pakan ternak. Mungkin untuk saat ini pemberian bekicot masih diberikan secara langsung kepada unggas, tapi untuk kedepannya bukan tidak mungkin jika akan muncul produk pakan dengan bahan dasar daging bekicot dalam bentuk tepung atau pelet. Demikianlah tulisan mengenai 7 Khasiat dan Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan kami akhiri, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »