Cara Mengobati Kurap Ayam Hanya Dengan 7000 Rupiah

Cara Mengobati Kurap Ayam

Obat Kurap Ayam Murah - Seperti yang kita ketahui jika penyakit kurap pada ayam merupakan salah satu penyakit yang bisa dibilang cukup serius. Kemudian penyakit kurap ini bisa menular dengan cepat terhadap ayam lainnya. Kadang kita membeli berbagai macam obat yang harganya tidak murah dan ternyata penyakit kurap ini tidak juga sembuh.

Pastinya para penghobi ayam sudah banyak yang mengetahui apa penyebab dari kenapa ayam terkena kurap. Kemungkinan terbesar yang paling masuk akal adalah faktor kebersihan kandang dan kebersihan ayam itu sendiri.

Oke langsung saja saya akan sedikit bercerita mengenai kisah yang mungkin agak unik ini.
Beberapa hari yang lalu ada salah satu dari ayam saya yang terkena kurap. Awalnya saya biarkan saja dan tidak cepat saya obati dikarenakan waktu itu saya lagi sibuk kerja dan yang rutin memberi pakan adalah si emak.

Tiga hari berlalu dan ketika sore hari saat memberikan pakan kepada ayam-ayam saya dan terlihat penyakit kurap pada ayam kelabu saya ini semakin parah hingga bagian muka dan pundak sayap dipenuhi dengan kurap.

Kemudian saya putuskan untuk membeli Salep Albert yang biasa saya gunakan untuk obat kurap ayam, tapi dikarenakan waktu sudah hampir maghrib jadi semua toko obat sudah tutup kemudian saya putuskan untuk pulang.

Saat di perjalanan pulang saya mampir di sebuah bengkel untuk meminta oli bekas dan rencananya mau saya pakai sebagai obat. Karena waktu sudah hampir malam juga dan saya pikir jika pakai obat alami saya harus muter-muter lagi untuk cari bahannya.

Kemudian saat di bengkel saya ketemu dengan pakde-pakde, lalu kami pun sedikit berbincang
Pakde: “Kamu minta oli mau dipake buat apa? Buat rante motor ya?”
Saya: “nggak ah pakde,, motor saya aja Matic mana ada rante nya!”.
Pakde: “lah,,, trus mau buat apa?”
Saya: “begini pakde, mau saya pakai buat obat kurap ayam. Soalnya muter-meter nyari’in toko obat sudah pada tutup”.
Pakde: “mendingan kamu pake aja minyak rem daripada oli !”
Saya: “emangya pakde pernah nyoba?? Nanti malah mati ayam saya, kan rugi!”
Pakde: “nggak bakal kalo mati, kan dioles bukan diminum. Pakde kemarin coba buat penyakit gudik sapi dan hasilnya sembuh kok”

Kemudian setelah itu saya memutuskan untuk membeli minyak rem yang disarankan oleh pakde yang harganya Cuma Rp. 7000. Lalu setelah sampai dirumah langsung dipraktekin dah resep dari si Pakde dengan menggolesi kurap ayam dengan minyak rem.

Awalnya saya agak ragu, tapi keesokan harinya langsung terlihat perubahannya pada ayam saya. Kurap yang sebelumnya parah mulai rontok dan kemudian kulit ayam yang sebelumnya kering menjadi terlihat tidak kering, mungkin karena efek dari minyak kali yah.

Karena ayam saya terlihat kondisinya lebih membaik dibandingkan sebelumnya. Kemudian saya oleskan sekali lagi lalu saya mengandangkan lagi si kelabu.

Setelah 2x pemberian minyak rem kemudian saya menghentikan pengobatan dan saya tidak percaya, ayam yang kurapan cukup parah bisa sembuh dengan obat murahan. Sempet geleng-geleng karena biasanya saya pakai salep albert yang harganya 45 ribu.

Apakah aman memakai minyak rem untuk obat kurap? Saya rasa aman, tapi ada dampak dari penggunaannya yaitu menyebabkan bulu ayam yang terkena minyak menjadi rontok juga.

Iya, ayam saya bulu kepalanya jadi botak seperti ayam sudah di abar 5x, padahal ayam masih 8 bulan umurnya. Mungkin kalau ada iklannya pasti bakal bilang “MINYAK REM, Kurap Rontok dan Bulu juga Rontok. hehehe

Nah, itulah sedikit cerita dari pengalaman unik saya, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »