Kelebihan Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan

Induk ayam atau babon adalah syarat yang wajib supaya menghasilkan keturunan ayam aduan juara. sebagai seoang botoh atau penghobi ayam bangkok aduan maka kita harus mengatahui bagaimana ciri babon ayam yang berkualitas agar kita bisa menyeleksi bibit-bibit ayam yang berbakat.
Induk Ayam

Induk ayam atau babon ayam aduan memiliki peran lebih penting dibandingkan dengan pacek (pejantan) ayam aduan. Berbeda dengan ayam pejantan, induk ayam akan lebih dominan mewariskan gen terhadap keturunannya. Umumnya terdapat dua jenis babon ayam aduan yang baik untuk dibudidayakan yaitu jenis babon unggul dan babon cetak.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan tulisan tentang Kelebihan Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan yang perlu para botoh ketahui supaya bisa dijadikan sebagai acuan untuk memilih induk ayam aduan yang berkualitas.

Mengenal Babon Unggul Ayam Aduan


Apa itu Babon Unggul Ayam Aduan?

Sesuai dengan namanya, babon unggul adalah babon yang lebih dominan dibandingkan dengan pejantan dalam menghasilkan keturunan. Dengan kata lain anak ayam akan dominan mewarisi gen sang induk, baik dari ciri fisik, gaya tarung, stamina, pukulan dan mental. Jadi tidaklah heran jika peternak yang sudah memiliki nama lebih suka menjual pejantan dibandingkan dengan menjual induk dikarenakan babon yang mereka miliki adalah babon unggul.

Bagaimana Mengenali Ciri Babon Unggul?

Pada umumnya para botoh mengenali ciri babon unggu dengan melihat ciri fisik, gaya tarung, stamina dan mental layaknya memilih ayam aduan pejantan. Kemudian tidak jarang para botoh melakukan seleksi babon dengan cara mengadu babon dengan babon lainnya. Selain itu katurangan juga menjadi acuan dalam memilih babon unggul yang berkualitas.

Kelebihan dan Kekurangan Babon Unggul

Kelebihan:

  • Sangat mudah untuk mengenali ciri fisik babon unggul.
  • Babon unggul bisa langsung dibudidayakan tanpa kawatir buruknya hasil keturunan
  • struktur fisik dan teknik lebih bagus dibandingkan babon cetak.


Kekurangan:

  • Sangat susah untuk mendapatkan keturunan yang mewarisi gen dari pejantan.
  • Diperlukan uji tanding untuk menilai babon unggul dan tidak jarang malah babon menjadi rusak.
Kesimpulannya untuk jenis babon unggul sangat mempengaruhi keturunan. Tidak jarang bila babon unggul dikawinkan dengan pejantan yang kurang bagus dan bisa menghasilkan anak yang berkualitas.

Mengenal Babon Cetak Ayam Aduan



Apa itu babon cetak Ayam Aduan?

Berbeda dengan babon unggul yang lebih dominan mewariskan gen terhadap keturunannya, babon cetak adalah babon yang menghasilkan anakan yang dominan menyamai pacek (pejantan). Jika diibaratkan mesin maka babon cetak bisa dikatakan sebagai mesin foto copy, dengan kata lain apabila dikawinkan dengan pejantan yang bagus maka akan menghasilkan anak yang bagus dan sebaliknya.

Bagaimana Cara Mengenali Ciri Babon Cetak?

Untuk melihat ciri babon cetak bisa dengan cara mengamati hasil keturunan. Jika anak ayam terlihat lebih dominan mewarisi sifat sang induk maka induk ayam adalah kategori babon unggul. Kemudian jika anak ayam terlihat lebih dominan mewarisi sifat pejantan maka induk ayam adalah babon cetak. Pada umumnya terdapat tiga jenis babon cetak, yaitu:

  • Babon cetak fisik, yaitu lebih dominan menurunkan ciri fisik pejantan kepada keturunannya.
  • Babon cetak teknik, yaitu lebih dominan menuunkan teknik atau gaya tarung dari pejantan (pacek) kepada keturunnanya.
  • Babon cetak fisik & teknik, yaitu menurunkan teknik dan ciri fisik dari pejantan kepada keturunannya.


Kelebihan dan Kekurangan Babon Cetak

Kelebihan:

  • Bisa mendapakan keturunan dari jago yang sudah juara.
  • Ciri fisik dan teknik anak ayam bisa menyamai pejantan.
  • Babon cetak sangat dicari oleh kebanyakan penghobi ayam aduan.


Kekurangan:

  • Sangat susah untuk mengenali ciri babon cetak yang sebenarnya dan tidak bisa hanya dilihat dari ciri fisik.
  • Perlu adanya uji keturunan yang membutuhkan waktu panjang hingga para peternak bisa mengenali babon cetak dan mengambil kesimpulan.
  • Harus menunggu hingga keturunan dewasa untuk menyimpulkan seekor babon cetak atau bukan.

Kesimpulannya bahwa babon cetak sangat sulit ditemukan, kemudian tidak jarang para peternak melakukan uji keturunan dan memakan waktu cukup lama yang hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Setelah membaca tulisan Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan di atas pasti rekan-rekan akan lebih teliti saat memilih induk yang akan digunakan untuk melakukan ternak ayam bangkok aduan. Kami cukupkan sampai di sini untuk tulisan ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna.


0 Response to "Kelebihan Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan"

Post a Comment