6 Jalu Ayam Bangkok Dan Kelebihannya Yang Perlu Diketahui

jalu ayam

6 Jalu Ayam Bangkok Dan Kelebihannya - Seperti yang kita ketahui bahwa jalu atau taji merupakan salah satu senjata ayam aduan yang digunakan untuk melakukan serangan mematikan terhadap lawan-lawannya. Jalu yang bagus yaitu apabila saat ayam melesatkan pukulan dan jalunya akan selalu tepat sasaran atau bisa dibilang jalu yang dimiliki ayam sangat jahat. Maka tidaklah heran jika ayam tipe jalu dengan akurasi serangan yang bagus mampu menumbangkan musuhnya hanya dalam hitungan menit.

Perlu diketahui jika jalu pada ayam memiliki banyak sekali bentuk dengan masing-masing kelebihannya. Pada dasarnya jalu/taji ayam bisa dikatakan bagus atau tidak sangat dipengaruhi oleh faktor lain misalnya teknik pukulan. Tidak sedikit dari ayam yang terlihat memiliki jalu yang bagus tapi ketika ayam bertarung justru jalunya tidak berfungsi dengan baik alias tidak jahat. Hal ini adalah salah satu bukti bahwa gaya pukulan sangat berpengaruh terhadap baik/buruknya jalu ayam aduan.


Jalu Cantel

Jalu cantel adalah salah satu jenis jalu yang paling berbahaya dibandingkan dengan jenis lainnya. Ciri jalu cantel yaitu jalu yang tumbuh melengkung ke arah atas dan runcing.  Kelebihan ayam yang memiliki jalu tipe ini yaitu memiliki peluang lebih besar untuk melesatkan pukulan jalu yang akurat dan sangat sering membutakan mata.  Terlebih lagi jika ayam memiliki gaya pukulan samping atau dikenal dengan pukulan kencong pasti akan sangat berbahaya.

Jalu Kampak

Adalah tipe jalu yang memiliki bentuk seperti kampak dan biasanya ayam yang memiliki jenis jalu seperti ini adalah ayam tipe pukul. Jalu kampak hanya bisa tumbuh maksimal satu sentimeter saja atau seukuran satu ruas jari telunjuk. Meskipun begitu jalu kampak juga bisa merobek bagian tubuh lawan dan melesatkan pukulan berbahaya.

Jalu Lepek

Jalu lepek yaitu tipe jalu yang tidak tumbuh meskipun usia ayam sudah tua. Biasanya jalu lepek ini dipengaruhi oleh faktor keturunan. Kelebihan tipe jalu lepek yaitu ayam akan selalu terlihat muda, jadi banyak orang yang akan terkecoh dengan ayam yang memiliki jalu lepek.

Jalu Renteng

Jalu renteng yaitu tipe jalu yang tumbuh lebih dari satu. Artinya jalu tumbuh dempet pada pangkal jalu. Kebanyakan ayam tipe jalu rentet memiliki pukulan depan yang sangat kuat.

Jalu Kumet

Jenis jalu kumet adalah tipe jalu yang hanya tumbuh seukuran biji jagung. Kebanyakan ayam aduan yang memiliki jenis jalu kumet memiliki pukulan dan gaya tarung yang bagus. Serta memiliki pukulan yang mengarah pada bagian saraf  lawan.

Jalu Sangket

Jalu sangket adalah bentuk jalu yang hampir mirip dengan jalu cantel yaitu melengkung ke ara atas. Tapi yang menjadi pembeda ialah jalu sangket tumbuhnya dekat dengan jari kaki bagian belakang ayam aduan.

Posisi jalu yang paling bagus sebenarnya juga ditentukan sesuai dengan gaya tarung ayam itu sendiri. Jika seorang botoh yang sudah berpengalaman pasti tahu setelan jalu yang paling cocok untuk teknik tarung tertentu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »