6 Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan Juara

beras merah

Banyak dari penghobi ayam bangkok aduan mengatakan bahwa beras merah adalah pakan yang sangat baik untuk ayam aduan. Faktanya memang beras merah merupakan pakan yang kaya akan manfaat dan memiliki banyak sekali khasiat. Biasanya beras merah diberikan untuk ayam aduan tipe jalu karena akan membuat ayam jalu memiliki stamina dan gerakan yang cepat. Akan tetapi saat ini beras merah sudah menjadi makanan pokok bagi ayam aduan dewasa baik itu tipe jalu atau tipe ayam pukul.
Baca Juga:

Ayam aduan yang sudah dewasa yaitu ketika semua bulu ayam sudah selesai mabung dan pembentukan otot pada ayam sudah mulai berkembang. Untuk itu pemberiakan pakan berupa beras merah bisa dilakukan secara rutin atau dengan melakukan kombinasi pakan supaya ayam aduan bisa tumbuh menjadi ayam juara. Kemudian yang terpenting adalah bagaimana pola pemberian pakan beras merah yang sesuai dan aman.  

6 Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan Juara

1. Menyehatkan Pencernaan

Beras merah memiliki kandungan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan pada ayam terutama pada bagian usus. Dengan pencernaan yang baik maka nutrisi yang ada pada makanan akan dapat dengan mudah diserap oleh tubuh sehingga tidak terbuang sia-sia.

2. Kaya Antioksidan

Beras merah juga kaya akan antioksidan seperti yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berguna untuk menjaga kesehatan organ dalam pada ayam. Banyak khasus ayam sakit kuning karena mengalami masalah pada organ hati, jadi dengan memberikan beras merah akan membuat organ dalam pada ayam aduan menjadi lebih terjaga.

3. Memperkuat Tulang

Pemberian pakan beras merah akan membuat tulang ayam menjadi lebih kuat dan keras, maka dari itu banyak botoh yang menyarankan agar ayam tipe jalu diberikan pakan beras merah karena akan membuat tulang kuat dan pertumbuhan jalu menjadi cepat.

4. Penambah Energi

Beras merah memiliki kandungan kaya akan karbohidrat yang dapat menjadi cadangan energi bagi ayam aduan. Beras merah mampu mencukupi 80% dari kebutuhan harian pakan pada ayam, serta menyehatkan bagian syaraf dan sistem reproduksi ayam aduan.

5. Menyetabilkan berat badan

Kandungan serat dan karbohidrat pada beras merah sangatlah seimbang jika dibandingkan dengan jagung dan beras putih, dengan begitu akan membuat berat badan ayam aduan yang ideal. Biasanya ayam yang diberikan pakan jagung akan memiliki berat dan pukulan yang keras, akan tetapi memiliki gerakan yang lambat. Berbeda dengan pakan beras merah yang akan membuat berat badan ayam menjadi ideal dan ringan sehingga pukulan ayam memiliki akurasi yang baik.


6. Menyehatkan bulu ayam

Kandungan minyak alami yang terdapat pada beras merah sangat berguna untuk ayam aduan, hal ini dikarenakan minyak alami tersebut merupakan lemak nabati yang berfungsi menyehatkan bulu ayam. Bulu ayam akan terlihat lebih mengkilap dan tidak mudah rontok, selain itu jika ayam sedang ganti bulu (mabung) maka prosesnya akan lebih cepat.

Pemberian beras merah untuk ayam aduan memiliki banyak sekali manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Meskipun beras merah sangat baik untuk ayam aduan perlu diketahui bahwa tidak harus selalu diberikan pakan beras merah secara terus-menerus, namun perlu adanya kombinasi pakan yang baik supaya nutrisi yang dibutuhkan ayam bisa terpenuhi. Misalnya saja diberikan porsi 20% beras merah+ 60% jagung+ 20% pakan lain untuk ayam aduan dewasa tipe pukul. Sedangkan untuk ayam jalu porsi beras merah bisa diperbanyak.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "6 Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan Juara"

Post a Comment