3 Cara Ampuh Mengobati Ayam Terserang Penyakit Snot atau Pilek

ayam snot

Setiap peternak pasti memiliki cara yang beragam untuk mengatasi dan mengobati penyakit snot yang menyerang binatang ternaknya. Pada dasarnya penobatan snot bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan alami ataupun obat kimia. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi tulisan tentang 3 cara mengobati penyakit snot pada ayam.

Snot adalah salah satu penyakit yang mematikan bagi unggas baik itu ayam, burung dan jenis unggas lainnya. Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh dianogsis bakteri Haemophillus gallinarum yang menyerang atau meninfeksi saluran pernapasan. Awalnya penyakit snot terlihat tidak begitu berbahaya, akan tetapi pada khasus kronis penyakit ini sangatlah berbahaya dan yang parahnya snot adalah penyakit yang menular dengan cepat.
Baca Juga:

Gejala Klinis Penyakit Snot


  • Lazimnya ayam atau unggas yang sakit Snot atau Coeyza akan memiliki gejala sebagai berikut:
  • Hidung ayam (unggas) akan mengeluarkan lendir dan akan membuat ayam bersin-bersin.
  • Jika dibiarkan maka kemungkinan lendir yang keluar akan menjadi mengental.
  • Lendir yang keluar dari hidung berbau busuk dan tidak enak.
  • Kemudian pada bagian muka unggas akan membengkak seperti terkena gigitan tungau. 
  • Penyakit snot akan mengganggu sistem pernapasan dan menyebabkan ayam menjadi ngorok.
  • Nafsu makan akan menurun dan ayam terlihat tidak memiliki gairah.
  • Pertumbuhan ayam menjadi lambat.
  • Akan lebih mudah terserang penyakit lainnya.  


3 Cara Mengobati Ayam Terserang Penyakit Snot atau Pilek

Dengan Menggunakan Obat Herbal

Obat herbal adalah obat-obatan yang bersifat alami dan tentunya sangat aman digunakan. Bahan- bahan yang bisa digunakan diantaranya yaitu 200 gram kunyit, 100 gram kencur, 100 gram jahe dan kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian diminumkan kepada ayam yang terserang penyakit snot, waktu pemberian obat sebaiknya pada saat sore hari karena ayam akan benar-benar istirahat dan obat akan bekerja dengan sangat efektif.
Anda juga bisa membuat obat herbal dalam bentuk pil dan cara ini lebih mudah dan simpel karena bisa digunakan berkali-kali. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca tulisan Cara Membuat Pil Herbal. Pil ini memiliki banyak sekali khasiat yaitu mampu membuat ayam lebih sehat dan menyembuahkan berbagai penyakit.

Dengan Menggunakan Obat Kimia

Menurut saya penggunaan obat kimia sebaiknya digunakan ketika memang kondisi penyakit ayam benar-benar sudah parah, perlu diketahui jika obat kimia tentunya memiliki efek samping yang kurang aman. Terdapat banyak sekali merk obat snot yang biasa dijual di toko dan bisa anda gunakan, diantaranya yaitu Sulfamerasin, Streptomisin, Sulfatiasol, Sulfametasin, dan masih banyak lagi. Sebaiknya jika menggunakan obat-obat kimia pastikan membaca petunjuk pemakaian dan dosis pemakaian agar lebih aman.

Dengan Kombinasi Obat Herbal dan Obat Kimia

Pada dasarnya obat kimia dan obat herbal bisa digunakan secara bersama-sama asal dalam jumlah dan dosis yang sesuai. Terlebih lagi kebanyakan obat-obatan kimia untuk penyakit snot ialah berupa pil atau bubuk yang dicampurkan pada pakan atau minuman ayam, jadi apabila kita juga menggunakan obat herbat tidaklah menjadi masalah. Pemberian obat kimia di pagi hari dan obat herbal pada saat sore hari kemungkinan akan mempercepat penyemuhan penyakit snot pada ayam.

Penyakit snot memang sangat berbahaya dan mengancam ayam kesayangan kita dan yang lebih memperihatinkan penyakit ini akan sangat cepat menular terutama pada ayam yang masih berusia muda. Maka dari itu sebaiknya kita melakukan pencegahan agar ayam tidak terkena penyakit snot karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »