Mengobati dan Mengatasi Penyakit Kuning Pada Ayam

ayam sakit kuning

Penyakit kuning pada ayam adalah penyakit yang kemungkinan bisa berakibat fatal terhadap unggas dan tentu akan sangat berdampak buruk pada ayam aduan, misalnya seperti ayam bangkok, birma, saigon dan ayam aduan trah lainnya. Sakit kuning menyebabkan ayam tidak bisa dilagakan, lemah, mudah sakit, kurus dan masih banyak lagi dampak dari penyakit ini. Dalam mengobati dan mengatasi ayam yang terkena sakit kuning bisa dibilang cukup rumit dan tergolong termasuk penyakit ayam yang susah disembuhkan, bahkan kebanyakan ayam yang sakit kuning perlahan-lahan semakin parah dan mati.

Akan tetapi bukan berarti penyakit kuning pada ayam ini tidak bisa disembuhkan, dalam tahap penyembuhan bisa-bisa memakan waktu cukup lama karena penyakit ini menyerang dan meninfeksi sistem kekebalan tubuh ayam terutama pada bagian organ hati. Hati adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia ataupun hewan yang sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh, jadi apabila fungsi hati ayam mengalami masalah maka akan berpengaruh terhadap kesehatan ayam sehingga ayam menjadi lebih mudah terserang penyakit.
Baca Juga:

Ciri atau gejala ayam sakit kuning


  • Gejala yang paling nampak dari ayam sakit kuning bisa dilihat dari warna kulit yang menjadi pucat dan berwarna kuning, terutama terlihat pada bagian muka ayam.
  • Ayam yang sakit kuning akan terlihat lemah, kurang gairah, malas dan kurangnya nafsu makan.
  • Kemudian ayam jago akan kehilangan mental. Dalam hal ini ayam jago yang biasanya terlihat perkasa menjadi kehilangan gairah untuk bertarung.
  • Ayam yang terkena penyakit kuning menjadi tidak bersemangat terhadap lawan jenis, dalam khasus ini ayam menjadi tidak produkti atau tidak bisa dikawinkan.


Penyebab ayam sakit kuning

Karena tarung
Ayam terkena sakit kuning karena ditarungkan adalah hal yang lumrah dan sangat sering terjadi. Biasanya pertarungan yang diluar batas (berlebihan) sehingga ayam menjadi kelelahan yang kemungkinan dapat menyebabkan ayam menjadi sakit kuning.

Terkena pukulan yang berat
Pukulan yang berat biasanya berasal dari ayam yang lebih tua karena memiliki efek negatif yang besar terutama terhadap ayam yang masih muda. Untuk itu sebaiknya ayam yang masih muda tidak diadu dengan ayam yang lebih tua.

Terserang virus
virus yang dapat menyebabkan sakit kuning adalah virus yang menyerang bagian organ vital seperti hati (liver) dan kemungkinan membuat sistem ketahanan tubuh ayam menjadi lemah.

Bakteri
Bakteri bisa saja berasal dari pakan, kotoran dan unggas lain yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh ayam. Sebaiknya untuk pencegahan pertumbuhan bakteri bisa dengan menjaga kebersihan kandang, pakan dan lingkungan sekitar.

Karena ayam luka
Luka pada ayam apabila tidak langsung ditangani kemungkinan bisa saja menjadi infeksi yang bisa menyeakan ayam terkena sakit kuning.

Karena penyakit lain
Ayam yang terkena penyakit akan lebih mudah terserang penyakit kuning, misal saja pada awalnnya ayam hanya cacingan kemudian menyebabkan ayam menjadi tidak nafsu makan dan lemah, lalu bukan tidak mungkin ayam akan terkena sakit kuning karena kekebalan tubuh yang menurun.

Obat dan Pengobatan penyakit kuning


  • Berikan pakan yang kaya akan nurtisi dapat membuat ayam lebih cepat sembuh, misalnya memberikan makanan kaya akan protein seperti daging keong mas, bekicot dan kerang. Makanan ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam aduan kesayangan kita.
  • Pemberian jamu herbal sangat mujarap untuk menyembuhkan penyakit kuning secara bertahap. Racikan jamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti kunyit, jahe, madu dan kuning telur. Bahan-bahan tersebut sangat bagus untuk digunakan untuk penyembuhan dari dalam, dengan begitu organ dalam pada ayam perlahan-lahan akan kembali normal.
  • Berikan juga larutan gula merah atau gula aren yang sedikit dicampur dengan merica. Berdasarkan pengalaman penulis gula merah dan merica bisa menyehatkan bagian syaraf pada ayam. Berikan 2-3 butir tumbukan merica pada larutan gula merah.
  • Kemudian ayam yang sakit kuning sebaiknya dipisah dengan ayam jago yang lain, lebih baik hanya dicampurkan dengan ayam-ayam betina dan ayam yang lebih muda. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan mental pada ayam yang sakit kuning. Perlu diketahui bahwa penyembuhan mental adalah bagian terpenting dalam tahap penyembuhan penyakit kuning. 
  • Lalu sebaikanya lakukan pengobatan dengan kombinasi obat-obatan. Sangat baik jika ayam yang sakit kuning mendapat banyak perhatian. Obat-obatan yang bisa diberikan diantaranya adalah obat antibiotik, multivitamin, vitamin b, supertetra dan masih banyak lagi. 


Proses penyembuhan penyakit kuning memang sangat panjang, namun apabila dilakukan dengan benar ayam akan dapat kembali sehat hanya dalam waktu satu bulan. Kemudian sebaiknya pengobatan dilakukan saat gejala awal baru mulai terlihat, jika penanganan penyakit kuning sudah terlambat akan lebih rumit dan bukan tidak mungkin ayam kesayangan kita malah akan wafat. Demikian tulisan ini kami buat dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Mengobati dan Mengatasi Penyakit Kuning Pada Ayam"

Post a Comment