Pil Herbal Ayam Aduan Rahasia Botoh Thailand

Pil Herbal Ayam Aduan

Jamu adalah sebuah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut racikan obat tradisional di Indonesia. Kemudian tujuan membuat jamu ayam aduan adalah agar ayam aduan bisa menjadi lebih kuat, sehat dan agresif. Sekian banyak jenis tanaman herbal di Indonesia yang bisa digunakan sebagai obat dan jamu ayam aduan, maka dari itu cara membuat jamu ayam aduan tidaklah sulit karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk ditemukan. Kemudian kita juga bisa memodifikasi ramuan khusus ayam aduan dengan memuatnya dalam bentuk pil atau kapsul.

Pil ayam aduan sudah sangat populer di negara-negara seperti thailand dan myanmar, kebanyakan dari para botoh disana membuat sendiri pil untuk membentuk ayam aduan super juara. Kelebihan dari jamu berbentuk pil adalah bisa dibuat dengan banyak kombinasi bahan, mudah diberikan kepada ayam serta pil lebih awet dan tahan lama. 

Misal kita menggunakan jamu ayam aduan umum yang tidak berbentuk pil maka kita perlu membuatnya secara berulang-ulang setiap kali mau memberikan kepada ayam dan bahan yang dimasukan juga tidak bisa memiliki banyak campuran. Jika mengunakan pil maka akan lebih mempermudah peternak itu sendiri. Kemudian para botoh juga bisa membuat jamu pil kuat nafas, pil kuat, pil ayam lebih agresif dan sebagainya.


Cara membuat pil ayam aduan dengan bahan jamu tradisional

Bahan-bahan
  • Gula Merah
  • Kunyit
  • Serai
  • Jahe
  • Ikan air tawar
  • Umbi teki ungu 
  • Madu tawon
  • Merica
  • Daun jeruk nipis
  • Tanaman brotowali
  • Dan bahan-bahan pendukung

Resep pil rawatan harian ayam aduan

Rebus gula merah dengan dicampur air secukupnya, lalu masukan bahan-bahan seperti kunyit, jahe, umbi teki, serai dan sedikit madu. Pastikan bahan-bahan tersebut sudah diparut atau ditumbuk menjadi halus. Jika tidak ingin ribet anda bisa menggunkan bahan yang sudah berbentuk bubuk. Kemudian setelah dimasukan pada adonan gulah merah selanjutnya aduk hingga adonan mengeras hingga membentuk dodol. Kemudian dibuat bulatan-bulatan kecil agar mudah ditelan ayam lalu dodol yang sudah di bentuk itu kemudian dijemur hingga mengeras. Tujuan dari penjemuran adalah agar pil mengeras, bisa tahan lama dan tidak dimakan semut. Setelah selesai pil bisa dibungkus dan dismimpan.

Pil rawatan harian ini bisa diberikan untuk ayam usia 5 bulan ke atas dan berguna untuk menyehatkan badan, menjaga sistem pencernaan dan ayam akan lebih kebal terhadap penyakit. Pil ini bisa diberikan setiap hari pada saat sore hari setelah ayam diberikan pakan. Untuk takaran pembutan bisa para botoh sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan, jika dipersentasekan lebih kurang sebagai berikut: gula merah (55%), kunyit (25 %), jahe (5%), umbi teki ungu (5%), serai (5%) dan sedikit madu (5%).

Pil ayam aduan dewasa yang siap tarung

Bahan utama masih mengunakan gula merah, kemudian bakar ikan air tawar lalu hancurkan dengan ditumbuk bersamaan dengan bahan-bahan seperti kunyit, jahe, serai, daun jeruk nipis, umbi teki dan bawang putih. Bahan-bahan terseut berkhasiat memperpanjang nafas dan kekuatan pukul ayam aduan. Kemudian bahan tambahan khusus untuk ayam dewasa siap adu adalah merica, madu dan batang tumbuhan brotowali. Bahan tambahan ini berkhasiat untuk menaikan mental ayam aduan dan memuat ayam menjadi lebih agresif.

Untuk cara pemuatannya sama dengan cara sebelumnya, namun pil jamu ini hanya khusus untuk ayam aduan dewasa dan jika ayam diberikan pil ini sebaiknya jangan memberikan pil yang sudak dijelaskan di atas (pil rawatan harian). Kemudian pil diberikan setiap hari pada saat sore hari dan sangat baik bila dikombinasikan dengan jamu herbal yang diberikan semingu sekali sepeti kuning telur dan jamu kuat. Sebaiknya untuk pemberian jamu herbal dilakukan pagi hari agar pada saat sore harinya bisa diberikan pil ini.

Nah lebih kurangnya begitulah cara membuat pil ayam aduan super yang bisa saya sampaikan. Pada awalnya saya tertarik membuat tulisan ini karena melihat cara perawatan ayam aduan di negara thailand lewat youtube. Yah memang kebanyakan dari mereka membuat jamu dan pil sendiri, bahkan mereka juga membuat untuk diperjualbelikan.

Demikian tulisan ini saya buat dan apabila terdapat banyak kekurangan saya dan tim blog ini mohon maaf dan harap para pengunjung bisa mengkoreksi tulisan ini. Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi ilmu kepada para pembaca dan jika memang ilmu saya ini masih kurang harap dimaklumi. Intinya kita sama-sama belajar dalam bidang hobi yang sama. Terimakasih.