6 Alasan Peluang Usaha Burung Kenari Sangat Menjanjikan

Peluang Usaha Burung Kenari

Burung kenari merupakan salah satu burung kicau dari sekian banyak burung yang sangat populer di Indonesia. Tahukah anda jika ternyata burung yang biasanya dijadikan sebagai binatang hobi ini bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan yang sangat menjanjikan. Untuk membudiayakan atau beternak burung kenari tidak harus dilakukan oleh seorang yang berpengalaman, bahakan bagi seorang pemula yang hanya dengan ilmu seadanya pun bisa mencoba terjun ke bidang usaha ternak kenari ini. Burung kenari banyak disukai karena suaranya yang indah serta memiliki bentuk tubuh yang bagus, memiliki banyak ragam jenis, bahkan untuk saat ini burung kenari juga bisa diikutkan ke dalam perlombaan atau kontes dengan hadiah yang lumayan besar.

Berikut adalah alasan mengapa peluang usaha burung kenari sangat menjanjikan



Burung Kenari Merupakan Burung Hobi

Kebanyakan orang yang sukses membudidayakan burung kenari di latar belakangi karena hobi. Dalam dunia usaha ternyata investasi hobi justru malah memiliki kemungkinan keberhasilan yang sangat tinggi, faktanya dari kegemaran terhadap sebuah bidang kemudian membuatnya menjadi paham dan berilmu. Tidak hanya dalam hal hobi burung kenari, ternyata memang banyak orang yang berhasil sukses berkat hobi yang dia tekuni, misalnya saja pemain sepak bola, seorang penulis, penyanyi dan masih banyak lagi.

Namun bukan berarti untuk pemula yang baru menggeluti bidang ini tidak memiliki peluang untuk berhasil. Pada dasarnya keberhasilan sangat membutuhkan proses yaitu sejak dari memulai, belajar, paham, berilmu dan hingga sukses. Jadi selanjutnya tinggal bagaimana cara kita untuk benar-benar menekuni usaha budidaya burung kenari itu sendiri. 

Modal Ternak Kenari terjangkau

Untuk memulai usaha ternak burung kenari modal yang dibutuhkan oleh seorang pemula tidak terlalu memberatkan. Hanya dengan modal antara 1-2 juta sudah bisa membuka usaha ternak ini dengan skala kecil. Kemudian yang perlu disiapkan hanyalah bibit burung kenari, kandang/sangkar, pakan yang tentu saja modal yang dikeluarkan adalah modal miring. Burung kenari bisa dibudayakan oleh siapapun, misal orang dewasa, anak muda, pelajar bahakan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. 

Tempat atau Lahan yang bisa disesuaikan

Alasan lain kenapa usaha tenak burung kenari patut dicoba karena tempat atau lahan yang dipelukan tidak terlalu banyak dan bahkan kita bisa beternak kenari pada ruangan yang seadanya. Jadi memelihara burung kenari bisa dilakukan di rumah dan irit biaya. Untuk seorang yang memiliki pekerjaan lain, ternak kenari bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang bisa menambah penghasilan.  

Perawatan Burung Kenari yang Mudah

Memelihara burung kenari tidak perlu memiliki keahlian khusus, cukup hanya dengan ketelatenan secara rutin kita sudah bisa mencoba beternak kenari. Pemberian pakan yang cukup, membesihkan kandang, menjemur, menjodohkan, mengawinkan hingga burung kenari bisa menghasilkan keuntungan adalah hal yang mudah dilakukan. Hanya dengan sedikit mempelajari dasar-dasar cara ternak burung kenari, seorang pemula akan langsung bisa mempraktekannya dengan mudah. Walaupun terkadang terdapat sedikit kendala dalam perawatan burung kenari, maka semua akan dapat diselesaikan apabila seorang peternak selalu tekun dan belajar. 

Ilmu Burung kenari mudah didapakan

Dalam usaha ternak yang dilakukan pemula tentu akan memiliki banyak sekali kendala yang akan dihadapi, misalnya bingung cara merawat, masalah pengendalian penyakit, dan sebagainya. Lantas jangan menjadikan hal tersebut sebagai alasan takut mencoba, sebenarnya ilmu akan mudah didapatkan ketika kita lansung mempraktekannya. Logikanya seperti kita sekolah, jika hanya dengan penjelasan teori akan sangat sulit untuk diingat, tapi berbeda dengan praktek yang lebih mudah untuk diingat. Untuk saat ini dengan bantuan internet kita bisa dengan mudah menemukan solusi masalah yang sedang dihadapi, berbagi pengetahuan, dan masih banyak lagi.

Harga Jual Burung Kenari yang tinggi

Alasan ternak burung kenari sangat menjanjikan adalah karena Harga burung kenari sangat bervariasi dan semakin hari semakin tinggi karena semakin populer dan banyak peminatnya. Untuk harga burung kenari disesuaikan oleh jenis kenari itu sendiri, misal burung kanari lokal, F1, F2, F3, yorkshire memiliki harga yang berbeda-beda. Jadi para peternak bisa memilih jenis mana yang akan diternak dan dibudiayakan. Kemudian cara memasarkan atau menjual burung kenari untuk saat ini bisa dibilang lancar dan banyak dicari oleh orang.

Baca Juga:

Bagi yang ingin mencoba beternak burung kenari setelah membaca tulisan ini pasti sudah bisa memprtimankan prospek kedepannya. Selanjunya tinggal tergantung niat dan prakek, telaten dan harus memiliki keinginan belajar yang tinggi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »