Cara Merawat Dan Melatih Ayam Aduan Muda Agar Juara

Merawat Dan Melatih Ayam Aduan Muda

Ayam aduan muda terhitung sejak ayam mulai menetas hingga menginjak usia 10 bulan, untuk itu diperlukan cara perawatan dan melatih yang benar supaya ayam muda bisa menjadi ayam juara saat dewasa. Kebanyakan kesalahan dalam merawat justru menyebabkan ayam muda menjadi tidak tumbuh secara optimal dan juga salah dalam membuat program latihan ayam muda malah menyeabkan ayam menjadi rusak dan tidak bisa dipakai.

Untuk menciptakan ayam juara maka bagian yang paling penting adalah perawatan ayam aduan sejak usia dini. Merawat dan melatih ayam muda memerlukan ketelatenan dan kesabaran dan jika hal itu tidak terpenuhi, untuk menjadikan ayam kita sebagai juara sangatlah tidak mungkin.

Baca Juga:

Kesalahan dalam merawat ayam aduan muda

  • Pakan yang diberikan tidak sesuai sehingga menyebabkan pertumbuhan ayam tidak opimal.
  • Ayam muda saling bertarung untuk memperebutkan kepemimpinan antara satu dengan yang lainnya.
  • Kondisi kandang yang tidak nyaman sehingga membuat ayam muda menjadi stres.
  • Ayam muda selalu didiskriminasi oleh ayam lain, misalnya oleh ayam dewasa yang agresif sehingga menyebabkan melemahnya mental ayam muda.
  • Ayam muda melakukan perkawinan pada usia yang belum matang. 


Kesalahan dalam melatih ayam muda

  • Salah dalam menentukan program latihan dan program latihan yang begitu berat.
  • Melakukan latihan untuk ayam yang belum siap atau belum umur. 
  • Menjemur ayam muda secara berlebihan.  
  • Durasi abar (sparing) yang terlalu lama. 


Berlatar belakang dari banyaknya kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat tulisan mengenai cara merawat dan melatih ayam aduan muda agar juara. setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, pada awalnya penulis pun demikian. Kemudian setelah lama dan sering bertukar pikiran dengan penghobi ayam aduan lainnya maka sedikit demi sedikit bisa mengetahui mana yang bagus dan mana yang tidak. 

Merawat ayam usia 0-3 bulan

  • Setelah lebih kurang 21 hari induk ayam aduan yang mengerami telurnya akan menetas kemudian saat itu anak ayam telah memasuki usia 1 hari. Saat usia itu sebaiknya anak-anak ayam tersebut di kandang pada kotak bok yang rapat dengan dilengkapi pencahayaan lampu. Untuk pakan berikan konsentrat atau poor yang berukuran kecil.  
  • Selanjutnya setelah ayam sudah mulai agak besar dan kotak bok tadi sudah sempit, anak ayam bisa dipindahkan ke kandang yang lebih luas dan tetap diberikan lampu agar tetap hangat. 
  • Pemberian pakan dan minum dilakukan secara rutin dan sesekali berikan obat-obatan untuk menambah nutrisi dan vitamin untuk anak ayam, kemudian usahakan kandang tidak kotor.
  • Lakukan perawatan awal tersebut secara maksimal, karena pada masa itu adalah masa pertumbuhan awal anak ayam dan jangan sampai anak ayam terserang penyakit karena bisa berdampak nanti kedepannya.


Merawat ayam usia 3-6 bulan

  • Untuk ayam aduan muda yang berusia 3 bulan sudah bisa diberikan pakan konsentrat dengan ukuran yang lebih besar dan juga sudah bisa diberikan campuran pakan berupa dedak dan beras jagung.
  • Pada masa ini biasanya anak ayam akan mulai bertarung satu sama lain untuk memperebutkan kepemimpinan, terutama untuk pejantan. Sebaiknya ayam yang sudah mulai bertarung dipisahkan ke kandang sendiri atau kandang individu. 
  • Ayam usia 3-6 bulan sudah bisa sesekali diumbar keluar agar lebih sehat dan otot-ototnya tidak kaku, biarkan anak ayam mandi tanah (kipu) agar pertumbuhan tulangnya bisa optimal.
  • Saat diumbar usahakan anak ayam jangan sampai terganggu dengan ayam dewasa apalagi sampai diserang ayam dewasa, karena hal ini bisa berdampak kepada mental anak ayam.


Merawat ayam usia 7-10 bulan

  • Untuk ayam aduan muda yang berusia 7 bulan ke atas pakan yang diberikan sudah bisa diganti dengan kombinasi jagung, beras merah dan gabah untuk membentuk tubuh ideal ayam aduan. 
  • Pada tahap ini merupakan tahap dimana pembentukan tubuh ayam aduan muda agar memiliki kekuatan, bentuk tulang dan kualitas yang bagus.  
  • Masa ini adalah masa dimana bulu-bulu jago ayam baru mulai muncul (nyulam) dan sangat diperlukan perhatian khusus. Kemudian jangan sesekali melakukan abar saat ayam masih nyulam.
  • Selanjutnya setelah usia ayam memasuki 9-10 bulan ayam aduan muda sudah bisa dilatih sesuai dengan program latihan yang benar.


Program latihan ayam aduan

Memandikan ayam 

Memandikan ayam bertujuan untuk membentuk dan mengeraskan otot-otot pada ayam. Ayam sebaiknya dimandikan pada saat pagi hari sekitar pukul 8 yaitu pada suhu udara normal dalam arti tidak dalam keadaan hujan. Jika kondisi cuaca hujan sebaiknya ayam dimandikan saat sore hari pada pukul 4. Mandikan ayam dengan menggunakan spon/gabus dan air yang digunakan adalah air dingin. Kemudian setelah ayam dimandikan ayam dilepas dan dibiarkan mengeringkan tubuhnya sekitar setengah jam sebelum dilakukan penjemuran. 

Penjemuran

Menjemur ayam bertujuan untuk membentuk stamina ayam menjadi lebih baik serta menghilangkan lemak pada tubuh ayam. Penjemuran sebaiknya dilakukan pada pukul 9 hingga pukul 11 yang berkhasiat membuat ayam lebih bugar dan sehat. Untuk ayam muda sebaiknya penjemuran disesuaikan dengan kondisi ayam, jika ayam sudah terlihat tidak sanggup sebaiknya hentikan penjemuran dan dilanjutkan ke esokan harinya lagi. 


Latihan fisik

Latihan fisik bertujuan untuk membentuk otot dan melatih nafas ayam aduan. Untuk latihan bisa dilakukan sesuai kebutuhan seperti latihan lompatan, renang, kliter dan lain-lain. Lagi-lagi latihan haruslah disesuaikan dengan kesanggupan ayam, latihan yang berlebihan tidak membuat ayam bagus malah kemungkinan bisa merusak ayam. 

Abar (Sparing)

Abar adalah latihan tarung dengan ayam lain agar mental dan teknik ayam muda bisa terbentuk dan bisa menjadi ayam juara. Apabila ayam muda baru pertama abar sebaiknya dilakukang dengan durasi 5-10 menit saja, lalu ayam diistirahatkan selama 2 minggu dengan tetap melakukan perawatan memandikan, menjemur dan latihan setelah luka ayam sudah sembuh pasca abar pertama. Setelah 2 minggu kemudian bisa dilakukan abar ke 2  dengan durasi lebih dari 15 menit. Selanjutnya abar bisa dilakukan beberapa kali hingga ayam benar-benar siap dilagakan. Yang perlu diperhatikan saat abar adalah memilih lawan yang seimbang dan jangan memaksakan kesanggupan ayam. 

Dalam merawat dan melatih ayam aduan muda memang terbilang lumayan rumit dan dibutuhkan proses yang panjang, maka tak jarang kebanyakan botoh lebih memilih membeli ayam siap adu ketimbang merawatnya dari kecil hingga siap adu. Kemudian yang menjadi momok para peternak ayam aduan adalah ketidakpastian hasil yang dimana terkadang hasil yang dicapai tidak sesuai, misalnya kita sudah dengan tekun merawat dan melatih ayam sejak telur dan kemudian setelah dewasa ayam tidak bagus. 

Sekedar motivasi untuk rekan-rekan botoh, dalam melakukan ternak kesabaran adalah kunci kesuksesan dan lihatlah sisi positif dari beternak itu sendiri. Jika ayam rawatan kita tidak bagus maka apa salahnya mencoba lagi dan jika ayam ternakan kita bagus pasti akan memberi nilai lebih dan rasa puas serta kebanggaan dunia akhirat.. hehehe

Semoga tulisan ini bisa menjadi ilmu yang berguna untuk kita semua…..
Salam kukuruyuuukk….


1 Response to "Cara Merawat Dan Melatih Ayam Aduan Muda Agar Juara"

  1. kotoran ayam saya seing ada darahnya itu gimna ya

    ReplyDelete