Jenis Kelinci Hias Dan Harganya Di Indonesia

Kelinci hias adalah kelinci yang dibudidayakan untuk terutama sebagai binatang hobi, di Indonesia terdapat banyak sekali jenis kelinci hias dan tentunya memiliki harga yang sangat bervariasi. Dalam segi perawatan kelinci hias memerlukan perawatan yang berbeda dengan kelinci pedaging. Untuk usaha peternakan kelinci hias memiliki potensi dan peluang yang sangat bagus karena nilai jual kelinci hias setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. 

Pada tulisan ini admin akan membahas tentang Jenis Kelinci Hias Dan Harganya beserta gambar Di Indonesia. Tujuan penulis membuat artikel ini agar para pembaca bisa mengetahui kisaran harga jual kelinci di Indonesia untuk memudahkan dalam melakukan transaksi jual beli. Berikut ini adalah jenis-jenis kelinci hias yang bisa di bilang populer di tanah air. 

Kelinci Anggora

Kelinci anggora adalah kelinci yang berasal dari negara Turki dan salah satu kelinci yang paling populer di dunia. Kelinci anggora termasuk kelinci hias yang lucu serta bulunya yang bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan wool. Ras kelinci anggora memiliki banyak sekali jenis dengan ciri-ciri yang tentunya berbeda di antaranya adalah English Anggora, France Anggora, Satin Anggora dan lain-lain. 

Di Indonesia harga untuk kelinci anggora usia 2-5 bulan berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000, sedangkan untuk kelinci anggora yang sudah produktif bisa mencapai harga Rp. 700.000 lebih. Kemudian warna dan bentuk fisik kelinci anggora juga sangat berpengaruh terhadap tingginya harga kelinci anggora.
kelinci anggora
Gambar kelinci anggora

Kelinci Satin

Kelinci satin merupakan hasil dari mutasi genetika perkawinan sedarah yang berasal dari keturunan kelinci havana. Seorang peternak asal Amerika yang bernama Walter Huey (1930) pada awalnya mengawinkan kelinci hevana dengan kelinci hevana yang bertujuan untuk mempertajam warna cokelat pada bulunya, namun ternyata perkawinan sedarah tersebut malah menghasilkan jenis kelinci dengan warna bulu yang indah. Di Indonesia sendiri Ras Kelinci Satin sudah  banyak dipelihara dan juga sangat populer karena bulu yang halus, tebal dan indah. 

Harga kelinci satin di Indonesia sendiri berkisar 100.000-400.000 rupiah untuk yang berusia 2-4 bulan, sedangkan untuk kelinci satin yang sudah produktif berkisar 500.000 hingga jutaan rupiah.
kelinci satin
Kelinci Satin : binatangpeliharaan.org

Flemish Giant

Sesuai dengan namanya, ras kelinci Flemish Giant memiliki ukuran tubuh yang paling besar dibandingkan denan jenis kelinci lainnya. Flemish Giant memiliki ciri bentuk fisik yang panjang dan bulat dengan berat rata-rata usia dewasa mencapai 6 kg. kelinci Flemish Giant adalah kelinci yang berasal dari Benua Amerika tepatnya di Negara Argentina. Pada awalnya kelinci ras ini hanya diternakan untuk dimanfaatkan dagingnya sebagai olahan makanan, namun saat ini kelinci Flemish Giant juga masuk ke dalam kategori binatang peliharaan. 

Kisaran harga kelinci Flemish Giant antara 50.000-300.000 rupiah untuk usia muda, sedangkan untuk usia produktif kelinci Flemish Giant bisa mencapai  angka di atas 600.000 rupiah.
kelinci flemish giant
kelinci flemish giant

Kelinci Lop

Kelinci Lop sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis yaitu English Lop, Holland Lop, Mini Lop, French Lop dan Fuzzy Lop. Keanekaragaman jenis pada kelinci ras lop ini disebabkan karena terjadinya berbagai persilangan yang dilakukan oleh para peternak kelinci. Di Indonesia kelinci lop biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan dan memiliki harga jual yang fantastis. 

Untuk kelinci lop usia di bawah 3 bulan biasanya dijual dengan harga kurang dari 400.000 rupiah, namun untuk yang berusia di atas 3 bulan harganya bisa sangat mahal yaitu antara 400.000-3.000.000 rupiah.
gambar kelinci lop
gambar kelinci lop : rumahamsterikky.blogspot.co.id

Kelinci Belanda (Dutch Rabbit)

Kelinci Dutch adalah ras kelinci ditemukan dan populer di Negara Inggris, akan tetapi sebenarnya kelinci dutch berasal dari belanda. Alasan kenapa kelinci Dutch bisa sampai ke Inggris yaitu karena aktivitas perdagangan Inggris-belanda sudah berlangsung sejak sebelum tahun 1930. Kebanyakan masyarakat Indonesia menjadikan kelinci Dutch sebagai binatang peliharaan kesayangan, memang jika dilihat dari bentuk fisik kelinci ini sangatlah cocok untuk kategori kelinci hias.

Kisaran harga untuk kelinci belanda (Dutch) di Indonesia adalah 50.000-300.000 rupiah untuk usia anakan dan remaja, sedangkan untuk usia produktif kelinci Dutch bisa dibilang lumayan mahal yaitu kisaran 200.000 hingga jutaan rupiah. Ras Kelinci Dutch termasuk salah satu yang paling populer di Indonesia, jika diternakan kelinci ras ini sangatlah produktif.
gambar kelinci dutch
gambar kelinci belanda : rhencil.wordpress.com

Kelinci Himalayan

Kelinci himalayan adalah jenis kelinci dengan ras tertua di dunia, dengan kata lain kelinci himalayan adalah kelinci murni keturunan yang hanya memiliki ciri berwarna putih dengan berpadu hitam pada bagian hidung dan telinganya. Namun di Indonesia sendiri sudah banyak peternak kelinci yang mencoba melakukan persilangan kelinci himalayan dengan ras kelinci lainnya. Dari segi fisik kelinci himalayan memiliki karakter yang menawan yang menyebabkan banyak orang menyukai kelinci himalayan.

Kelinci himalayan biasa dijual dengan kisaran harga 150.000 rupiah  untuk usia muda, sedangkan untuk usia dewasa bisa mencapai angka di atas 500.000 rupiah. Kelinci himalayan termasuk jenis kelinci yang mudah ditemukan di Indonesia, anda bisa membelinya di toko-toko binatang peliharaan.
gambar kelinci
Gambar Kelinci Himalayan : Kelinci Hias Indonesia (KHAS)

Kelinci Lion

Kelinci Lion atau biasa dikenal dengan sebutan Lionhead Rabbits merupakan jenis ras kelinci yang memiliki bulu lebat di bagian kepala hingga leher layaknya seekor singa. Konon katanya Kelinci Lion merupakan hasil dari persilangan ras anggora dengan ras bulu pendek yang mewarisi 50% gen dari keturunannya, jadi bisa dibilang Kelinci Lion adalah hasil dari mutasi genetika.

Kelinci Lion adalah ras kelinci yang cocok dijadikan sebagai binatang peliharaan kesayangan karena memiliki keindahan serta keunikan yang membuat kebanyakan orang gemas melihatnya. Untuk harga kelinci Kelinci Lion biasa dijual dengan harga 75.000-200.000 rupiah untuk usia muda, sedangkan untuk yang dewasa dijual dengan harga di atas 200.000 rupiah.
kelinci ras lion
gambar kelinci lion : kelincihiasbdg.blogspot.co.id

Kelinci Rex

Kelinci Rek atau dikenal dengan raja kelinci adalah ras kelinci yang berasal dari benua Eropa. Kelinci Rex pertama kali ditemukan pada tahun 1919 di desa Coungloge (Prancis). Pada awalnya rex adalah kelinci yang hidup di alam liar yang hanya dimanfaatkan dagingnya. Namun saat ini kelinci rex memiliki banyak kegunaan yaitu sebagai binatang peliharaan, dikonsumsi dan kulitnya bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. 

Kisaran harga kelinci Rex di Indonesia yaitu 100.000-300.000 rupiah untuk usia di bawah 3 bulan, sedangkan untuk harga kelinci rex dewasa bisa mencapai 400.000 atau jutaan rupiah.
kelinci rex
Gambar Kelinci Rex : Kelinci Hias Indonesia (KHAS)

Kelinci Belanda Dwarf

Layaknya suku Dwarf yang sering dikisahkan di film-film, Kelinci Belanda Dwarf juga memiliki bentuk tubuh mini alias kecil. Jika dilihat sekilas kelinci Kelinci Belanda Dwarf hampir mirip dengan tikus dan membuat orang suka dengan kelinci lucu ini. Warna bulu kelinci dwarf di Indonesia sangat bervariasi, namun yang paling populer adalah warna putih polos dan hitam polos.
Untuk kisaran harga kelinci dwarf yaitu 200.000 hingga jutaan rupiah.
Netherland dwarf
Netherland dwarf : Kelinci Hias Indonesia (KHAS)

Kelinci New Zealand

Di Indonesia Kelinci New Zealand yang paling populer adalah yang memiliki warna putih dan bermata merah atau biasa disebut dengan kelinci Albino. Kelinci New Zealand berasal dari negara amerika, tentu kebanyakan orang salah karena melihat dari nama kelinci ini. Kelinci New Zealand adalah kelinci yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia dan sangat produktif untuk dimanfaatkan dagingnya. 

Harga kelinci Kelinci New Zealand berkisar 35.000-100.000 rupiah untuk yang berusia muda, sedangkan untuk usia dewasa harganya berkisar 300.000-500.000 rupiah.
Gambar Kelinci New Zealand
Gambar Kelinci New Zealand : dosenbiologi.com

Kelinci Havana

Kelinci Havana sudah ditemukan sejak tahun 1800 di negara belanda, kemudian pernyebaran Kelinci Havana sangat cepat dikarenakan pada masa itu banyak penjelajah dunia yang pergi berlayar. Kebanyakan penyebaran kelinci ini dibawa oleh para pedagang yang keliling dunia hingga sampai ke Indonesia. Harga untuk Kelinci Havana biasa dibandrol dengan kisaran di atas harga 200.000 rupiah.
kelinci havana
Kelinci Havana : riscapeternakkelincihias.blogspot.co.id

Kelinci Tan

Kelinci Tan berkembang sejak abad 19 di Inggris, pada awalnya kelinci tan adalah ras kelinci yang hanya memiliki warna hitam, namun seiring berjalannya waktu kebanyakan dari para peternak melakukan perkawinan silang antara kelinci Tan dengan ras kelinci lainnya sehingga menghasilkan ras kelinci Tan dengan bentuk dan warna yang bervariasi. Kelinci Tan adalah kelinci yang sangat mudah untuk dikembangbiakan , kemudian emiliki berat antara 2-3 kilogram. Kemudian yang membuat kelinci ini menjadi sangat diminati adalah warna bulu yang memiliki perpaduan sangat indah.

Kisaran harga untuk ras kelinci tan di Indonesia adalah 50.000-100.000 rupiah untuk usia kelinci muda, sedangkan untuk usia kelinci tan dewasa (produktif) kisaran harganya adalah 200.000-500.000 rupiah
kelinci tan
Kelinci Tan : riscapeternakkelincihias.blogspot.co.id

Itulah sedikit gambaran mengenai  Jenis Kelinci Hias Dengan Harganya, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekedar info apabila ingin lebih memahami kelinci anda bisa gabung dengan grup facebook Kelinci Hias Indonesia (KHAS) untuk saling bertukar pikiran dengan sesama penghobi kelinci.