Cara Membuat Jamu Tradisional Ayam Aduan Komplit

Jamu Tradisional Ayam Aduan

Cara membuat jamu alami atau jamu tradisional untuk ayam aduan tentu memiliki cara yang sangat beragam. Misalnya saja pada satu wilayah dengan wilayah lainnya tentu memiliki cara tersendiri, hal ini dikarenakan latar belakang setiap daerah yang berbeda-beda. Jamu untuk ayam aduan sudah ada sejak zaman dulu, kemudian dengan ramuan jamu tersebut diyakini akan menambah kekuatan ayam. selain itu jamu bisa dibuat dalam bentuk pil herbal ayam aduan  yang lebih banyak manfaat.

Berdasarkan tujuannya jamu radisional ayam aduan memiliki fungsi yang bebeda, terdapat jamu khusus stamina (nafas), jamu untuk kekuatan, jamu untuk mental dan sebagainya. Untuk pertarungan ayam laga di gelanggang biasanya akan dilakukan hingga 5 ronde x 15 menit, tentu setiap daerah kemungkinan memiliki peraturan yang berbeda. Jadi dengan begitu ayam aduan akan dituntut bertahan hingga lebih kurang 75 menit. Nah, coba bayangkan dalam waktu 75 menit tersebut jika ayam aduan milik kita tidak mampu bertahan? Pasti kemungkinan kekalahan isa saja menimpa kita. Maka dari itu pada tulisan ini penulis akan berbagi tentang cara membuat jamu tradisional ayam aduan khusus sebelum diadu. 

Kuning Telur

Pemberian telur seharusnya sudah dilakuan secara rutin semenjak ayam aduan memasuki masa siap rawat, yaitu usia lebih dari 7 bulan. Kemudian pemberian kuning telur bisa dilakukan satu minggu sekali, untuk ayam siap adu bisa diberi satu butir kuning telur utuh dan untuk ayam yang masih tahap awal rawatan bisa diberikan setengah saja, baiknya tambahkan sedikit madu pada kuning telur yang akan diberikan. Jenis telur yang bisa digunakan yaitu telur ayam kampung dan telur bebek karena memiliki kandungan kaya nutrisi dan sebaiknya jangan sekali-kali memberikan telur ayam negeri.

Gula Merah

Gula merah diyakini mampu menambah stamina ayam atau memperpanjang nafas. Untuk gula merah bisa diberikan dengan cara melolohkan langsung kepada ayam aduan. Lalu pemberian gula merah bisa dilakukan lebih seing antara seminggu tiga kali pada sore hari. Manfaat gula merah untuk ayam aduan adalah meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar pencernaan dan kaya akan antioksidan.
Baca : Manfaat Gula Merah Bagi Ayam Aduan

Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit adalah bahan utama yang digunakan sebagai ramuan jamu tradisional ayam aduan yang sudah diwariskan secara turun temurun. Jahe dan kunyit dipercaya mampu membuat ayam aduan lebih tahan pukul dan memiliki agresivitas yang tinggi. Selain itu jahe dan kunyit juga akan meningkatkan vialitas ayam aduan.

Buah Tomat

Tomat bisa diberikan layaknya gula merah, yaitu dengan seminggu tiga kali dengan takaran yang disesuaikan. Tomat memiliki kandungan vitamin yan tinggi dan berguna menjaga sistem pencernaan ayam aduan. Disini tomat digunakan sebagai asupan nutrisi tambahan bagi ayam agar lebih perkasa.


Cara Membuat Jamu Tradisional Ayam Aduan Sebelum Diadu

Penjelasan di atas adalah manfaat ramuan tadisonal yang bisa diberikan untuk ayam aduan, untuk ayam yang akan diadu bisa dibuatkan jamu khusus. lalu selanjutnya adalah cara membuat jamu ayam sebelum diadu yaitu dengan cara mencampur bahan-bahan di atas menjadi satu dan diberikan dua hari sebelum masa tarung. Setelah diberikan ramuan tersebut ayam dikurung dalam kandang untuk menjalani masa isirahat. 

Sebenarnya sebagai seorang penghobi ayam aduan kita bisa membuat jamu ayam aduan sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan asalkan mengetahui bahan-bahan beserta kandungannya untuk meningkatkan teknik ayam aduan kita. Denan logika dan praktek bukan tidak mungkin kita bisa menemukan jamu yang sangat ampuh yang bahkan bisa diperjual-belikan. 


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Cara Membuat Jamu Tradisional Ayam Aduan Komplit"

Post a Comment