Pemberian Gula Merah Untuk Ayam Aduan

Gula Merah Untuk Ayam Aduan

Gula merah memiliki banyak khasiat bagi manusia dan juga memiliki banyak manfaat untuk ayam aduan. Banyak sekali dari para botoh merekomendasikan gula merah/gula jawa untuk membuat ayam aduan lebih berkualitas. Disamping dapat memperkuat stamina dan nafas ayam, gula merah juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal seperti jamu dan lain-lain.

Pemberian gula merah untuk ayam aduan seperti ayam bangkok, ayam birma, ayam saigon dan ayam aduan jenis lain diyakini dapat membuat ayam lebih perkasa dan memiliki ketahanan tubuh yang baik. Gula merah memiliki kandungan yang kaya akan kalori dan zat-zat lain yang sangat berguna bagi tubuh. Tidak jarang juga para botoh memberikan bahan tambahan seperti asam jawa dan kunyit. 
Berikut adalah kandungan dari gula merah per 1 ons.
gizi gula merah
Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa gula merah memiliki banyak kandungan diantaranya adalah kalori, karbohidrat, gula, sodium dan kalium.

Meningkatkan stamina atau nafas ayam aduan

Pemberian gula merah bisa dilakukan dengan cara dilunakan terlebih dahulu, bisa menggunakan air hangat dan kemudian diberikan kepada ayam aduan. Kalori yang terkandung pada gula merah akan meningkatkan stamina ayam aduan atau dengan kata lain akan memperpanjang nafas ayam. Pemberian bisa dilakukan pada sore hari setelah ayam diberikan pakan dan ukuran atau porsi bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Kemudian gula merah juga bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kunyit, madu, asam jawa dan sebagainya. 

Menambah kekuatan ayam aduan

Kebanyakan dari para botoh menggunakan gula merah sebagai bahan utama untuk merawat ayam aduan sebelum diadu. Biasanya perawatan rutin dan memberikan gula merah agar kekuatan ayam aduan menjadi meningkat. Namun pemberian gula merah sebaiknya jangan ketika ayam akan diadu, kebanyakan orang melakukan kesalahan pemberian gula merah tepat sebelum ayam diadu dimana malah akan menyebabkan ayam menjadi kepanasan dan cepat lelah. 

Menjaga kesehatan ayam aduan

Pada tulisan sebelumnya admin sudah membahas mengenai pil herbal ayam aduan yang bahan utamanya adalah gula merah. Gula merah memiliki khasiat yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan dan juga bisa membuat ayam lebih kebal terhadap penyakit. Kemudian kandungan karbohidrat pada gula merah sangat baik untuk proses penggemukan ayam aduan.

Setelah pemberian ramuan seperti gula merah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara perawatan yang tentu memiliki peran yang lebih penting. Pemberian asupan gizi tambahan seperti gula merah, jamu dan vitamin haruslah diimbangi dengan perawatan dan latihan yang baik pula.   

0 Response to "Pemberian Gula Merah Untuk Ayam Aduan "

Post a Comment