4 Hal Penting Memilih Bibit Burung Kenari Ternak

Memilih Bibit Burung Kenari

Bibit burung kenari yang bagus akan menghasilkan keturunan yang unggul pula, baik ditinjau dari berbagai aspek. Memilih bibit adalah langkah awal untuk melakukan usaha ternak burung kenari, kemudian indukan atau bibit memiliki peran vital terhadap keberhasilan seseorang dalam melakukan usaha ternak. Ciri bibit yang baik dapat tumbuh dengan cepat, serta mampu menghasilkan keturunan yang memilik warna dan suara (gacor) yang berkualitas.

Memang untuk peluang usaha ternak burung kenari saat ini sangat menjanjikan, maka sebab itu faktor pemilihan bibit sangatlah penting. Memilih bibit burung kenari untuk diternakan atau dibudidayakan tentu sangat berbeda dengan yang hanya digunakan untuk peliharaan biasa. Kenari ternakan haruslah memiliki kualitas yang baik, dan bahkan lebih baik jika bibit yang dikembangbiakan sudah pernah juara kontes sehingga anakan yang dihasilkan nantinya sudah jelas kualitasnya. Kemudian beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih bibit burung kenari adalah sebagai berikut:

Produktif

Produktif adalah kemampuan berkembang biak atau menghasilkan anak. Tujuan utama dari beternak burung kenari adalah untuk memperbanyak jumlah yang awalnya sedikit menjadi banyak. Bibit yang produktif adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi, jika tidak pecuma saja melakukan ternak kalau tidak bisa menambah muatan kandang. Produktif yang dimaksudkan disini bukan hanya mampu bertelur dan memiliki keturunan, tapi produktif dalam hal kuantitas dan efisiensi waktu. Jadi burung kenari mampu menghasilkan banyak anak dan tidak butuh waktu lama untuk bertelur lagi.

Jenis Burung Kenari

Terdapat banyak sekali keanekaragaman jenis burung kenari di dunia, jadi sebelum memulai usaha ternak sebaiknya mengenali dan memahami jenis kenari yang akan diternakan. Dengan begitu seorang peternak akan memiliki gambaran yang pasti tentang bentuk tubuh dan karakter kenari yang akan dibudidayakan. Selain itu pentingnya mengetahui jenis-jenis kenari agar peternak bisa membuat patokan harga. Misalnya saja harga burung kenari impor jauh lebih mahal dibandingkan dengan kenari lokal, jadi apabila memilih beternak kenari impor pasti akan lebih menguntungkan. 

Suara Burung Kenari

Suara atau kicau adalah harga jual utama untuk burung kenari, semakin baik suaranya maka harga jualnya pun akan semakin mahal. Memilih induk yang memiliki suara bagus kemungkinan akan menghasilkan anak dengan suara yang bagus pula. Memang untuk suara atau kicauan burung bisa ditingkatkan kualitasnya dengan latihan, akan tetapi perlu diketahui jika faktor keturunan juga sangat mempengaruhi. 

Warna Burung Kenari

Pada perlombaan atau ajang kontes warna bulu juga menjadi poin penilaian yang mendukung suara. Sangat baik jika bibit burung kenari memiliki warna yang indah, pasti akan lebih enak untuk dipandang dan membuat harga jual burung melambung tinggi. Warna yang unik dan jarang ditemui bisa membuat burung kenari semakin banyak diminati. 

4 hal di atas adalah bagian-bagian penting yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan saat memilih bibit burung kenari untuk diternakan. Akan tetapi ketika memilih harus juga memperhatikan hal lain seperti kesehatan burung, tidak cacat, normal dan memiliki postur tubuh yang ideal. Dengan bibit yang baik dan berkualitas kemungkinan besar usaha ternak burung kenari akan lebih sukses.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

1 Response to "4 Hal Penting Memilih Bibit Burung Kenari Ternak"

  1. piara kenari itu memang asik pakannya juga ga neko-neko...kebetulan punya juga kenari dirumah tp malesnya kalau lihat kenarinya sakit..ga tau obatnya sih hehe,...salam kenal

    ReplyDelete