Peluang Budidaya Kelinci Pedaging Menjanjikan

Kelinci Pedaging

Peluang Budidaya Kelinci Pedaging Menjanjikan - Kelinci pedaging adalah jenis kelinci yang memang tujuan pengembangbiakannya adalah untuk dikonsumsi dan diolah dagingnya sebagai bahan makanan. Dalam fokus ternak kelinci pedaging tentu memiliki banyak kelebihan di antaranya yaitu cara perawatan yang tidak terlalu rumit, kemudian termasuk jenis yang bisa menghasilkan banyak anak dalam satu periode melahirkan dan harga masih sangat terjangkau bagi pemula yang ingin membuka bisnis ternak kelinci pedaging. Pada tulisan sebelumnya tentang Prospek Ternak Kelinci Modal Kecil Hasil Melimpah penulis menyarankan untuk memulainya dengan kelinci pedaging dengan alasan biaya yang murah dan perawatan yang mudah yang sangat cocok untuk pemula yang baru belajar ternak kelinci. 
Baca Juga:
Dalam sebuah usaha tentu akan memiliki risiko yang akan berdampak pada kerugian, akan tetapi dalam ternak kelinci pedaging risiko-risiko tersebut bisa dibilang masih kecil daripada ternak kelinci hias yang bisa dibilang rumit. Contohnya saja kita bisa memulai usaha ternak kelinci pedaging hanya dengan modal sekitar kurang dari satu juta. Misal kita membeli indukan yang siap kawin dengan kisaran harga per pasannya 300 ribu, jadi dengan dana 600 ribu kita dapat membeli 4 ekor kelinci dan 400 ribu untuk kandang dan pelengkapan lain. 4 ekor dari kelinci tersebut bisa terdiri dari satu pejantan dan 3 betina, karena 1 pejantan kelinci mampu memproduktifkan 5-6 betina dengan sistem kawin ganti. 

Kelinci pedaging bisa melahirkan 5-8 anakan kelinci setiap satu kali periode melahirkan yaitu 1-2 bulan. Jika dihitung-hitung kelinci pedaging bisa produktif dalam waktu 1-2 bulan dan menghasilkan banyak anak tentu sudah bisa dibayangkan jika kita memulai usaha dengan 3 induk betina, lalu bagaiman jika dengan 100 betina yang podukif? Tentu usaha ternak kelinci pedaging akan menjadi sangat menjanjikan. Jika dengan 3 induk betina bisa jadi kemungkinan anak yang dihasilkan sekitar lebih kurang 15 ekor, waktu panen kelinci pedaging bisa dijual yaitu ketika usia 5-6 bulan dengan bobot sekitar 6 kilogram. Harga perkilo kelinci pedaing di pasaran kisaran 30-35 ribu rupiah, jika dikalikan 15 ekor kelinci kemunkinan memiliki bobot 90 kg dan jika dikalikan dengan harga 30 ribu maka keuntungan yang dipeoleh sekitar Rp. 2.700.000 per peiode panen (5-6 bulan). 

Untuk harga jual kelinci pedaging kemungkinan akan terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya perminaan terhadap daging kelinci. Berdasarkan pengamatan perkembangan usaha olahan daging kelinci selalu mengalami peningkatan setiap tahunya dan masih sangatlah kurang penyedia daiging kelinci yang kemudian menyebabkan potensi usaha ternak kelinci pedaging menjadi sangat memungkinkan. 

Penjelasan di atas hanyalah gambaran dengan menunakan 3 ekor induk saja, mungkin masih diangap tidak sesuai, akan tetapi itu hanyalah tahap awal  atau tahap belajar dengan skala yang kecil, lalu bagaimana jika memiliki banyak indukan tentu hasilnya pun akan lebih besar. Bukankah sangat luar biasa peluang usaha ternak kelinci pedaging, dengan modal yang kecil bisa untung banyak. Hal terpening dalam memulai usaha adalah ketekunan dan ketelatenan serta keinginan untuk selalu belajar. Kemudian yang tidak kalah penting adalah kesabaran akan kegagalan. 

1 comments:

Author
avatar

Berminat ni..btw sesuatu yang baru
Cara ordernya gimana

Balas