Prospek Ternak Kelinci Modal Kecil Hasil Melimpah

Prospek Ternak Kelinci

Prospek Ternak Kelinci Modal Kecil Hasil Melimpah - Kelinci adalah salah satu jenis hewan pemakan tumbuhan dan juga dagingnya bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Selain itu kelinci merupakan hewan yang unik, lucu serta indah yang menyebabkan kebanyakan orang suka menyukai hewan ini. Pada kesempatan kali ini penulis tertarik untuk membuat tulisan tentang prospek atau peluang usaha ternak kelinci. Tahukah anda jika banyak orang yang bisa mendapatkan banyak pundi-pundi rupiah melalui usaha budidaya kelinci. Penghasilan yang bisa didapat pun terbilang sangat menakjubkan bahkan bisa melebihi gaji dari seorang yang bekerja sebagai karyawan bank per bulannya. 

Untuk saat ini kelinci tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi, sekarang diiringi kemajuan zaman hewan yang satu ini sudah masuk ke dalam kategori hewan peliharaan. Karena kelinci bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan maka menyebabkan nilai jual yang bisa dibilang cukup mahal terlebih lagi bagi kelinci hias. Maka dari itu, prospek usaha ternak kelinci menjadi sangat menjanjikan dan menguntungkan, kita bisa memulai usaha dengan menggunakan modal yang tidak terlalu banyak tinggal tergantung tujuan usaha kita yaitu untuk ternak kelinci pedaging atau ternak kelinci hias. Jika kita membudidayakan kelinci pedaging maka sasaran pasar atau sasaran penjualannya adalah untuk dikonsumsi yaitu seperti dijual ke pasar, rumah makan, warung sate dan sebagainya. Sedangkan untuk kelinci hias sasarannya adalah para penghobi kelinci dan pecinta hewan.
Baca Juga:
Dari gambaran di atas pasti sudah bisa menentukan arah dan tujuan dalam memulai usaha ternak kelinci ini. Saran dari kami untuk memulai sebuah usaha “cobalah memulai dari nol dengan modal yang sedikit dan jangan terlalu berambisi”. Sebaiknya dalam memulai sebuah sesuatu baru yang belum pernah dicoba sebaiknya tidak terlalu menggebu-gebu, pertama mencoba ternak dengan 5-6 indukan terlebih dahulu sambil belajar cara perawatan, cara mengawinkan, cara mengongobati apabila kelinci sakit dan sebagainya. Sebenarnya tidak masalah jika anda ingin langsung beternak dalam skala besar, akan tetapi apabila pengetahuan yan masih awam akan kelinci sebaiknya cobalah untuk bertahap. Kekurangan ilmu juga bisa berakibat pada kerugian, lalu bagaimana jika memulai usaha dengan skala yang besar dengan masih kurangnya pengetahuan maka dikawitirkan bisa-bisa nanti rugi.

Selanjutnya setelah dirasa sudah memiliki planning (rencana) seperti yang dipaparkan di atas langkah selanjutnya adalah menentukan jenis kelinci yang akan diternak, apakah jenis kelinci pedaging atau jenis kelinci hias. Tentu hal ini harus dipertimbangkan terlebih dahulu karena akan sangat berpengaruh terhadap biaya, perawatan, dan hasil yang akan dicapai. Jika dilogikakan harga jual kelinci hias jauh lebih mahal dibandingkan dengan kelinci pedaging kemudian cara perawatannya pun berbeda, tentu perencanaan sangatlah perlu dipertimbangkan dengan matang.

Yang paling menarik adalah ternak kelinci bisa dilakukan oleh siapa saja baik laki-laki ataupun wanita dan bahkan bisa dilakukan oleh pelajar agar bisa mendapat uang jajan tambahan. Pengalaman penulis sendiri pernah menggeluti dunia budidaya kelinci ini saat dulu masih di bangku SMA. Untuk seorang palajar bisa dibilang tidak terlalu rumit karena perawatan kelinci tidak terlalu sulit. Jika dulu anak kelinci yang sudah makan rumput masih dijual dengan harga 15-25 ribu saja untuk kelinci potong dan bedanya dengan sekarang harga kelinci potong sudah bisa dibilang mahal. Kelebihan lainnya adalah saat ini pemasaran kelinci menjadi lebih mudah, jika dulu sangat susah untuk mencari pembeli bahkan dengan keliling menawarkannya ke calon pembeli sekarang menjadi lebih mudah dengan dukungan alat komunikasi seperti handpone, media sosial (facebook, twitter, instagram dll), jadi tidak lah sulit untuk memperjual belikan binatang ternak.

Setelah pembaca membaca artikel ini pasti sudah bisa menggambarkan kira-kira bagaimana prospek usaha ternak kelinci yang sangat menjanjikan ini. Bahakan hanya dengan modal yang sedikit bisa mencoba untuk berwirausaha dan membangun bisnis sendiri. Kemudian yang terpenting dan harus ditanamkan pada diri kita adalah “jangan takut mencoba”. 

6 comments

Author
avatar

Dulu pernah coba gan ternak kelinci, tapi gak niat ya hasilnya juga gak niat :3
Tapi saya jadi tertarik setelah baca artikel agan, nanti saya cobalah:) (y)

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

Asik ni gan.. aku jg ad klinci v g bnyak..

Balas
Author
avatar

dulu saya pernah coba memelihara kelinci namun langsung mati karena kedinginan, seetelah baca ini jadi pengin coba lagi.

Balas
Author
avatar

gimana cara perawatannya..

Balas
Author
avatar

terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar, untuk lebih jelasnya tentang masalah perawatan kelinci anda bisa membaca artikel terbaru kami mengenai Cara merawat kelinci dengan benar. semoga bermanfaat

Balas