Cara Simpel Mengobati Kurap atau Korep Ayam Aduan

Mengobati Kurap atau Korep Ayam

Cara Simpel Mengobati Kurap atau Korep Ayam Aduan - Penyakit yang biasa dikenal dengan sebutan korep atau kurap adalah penyakit kulit yang menular dan biasa menyerang ayam Bangkok dewasa. Ciri-ciri ayam yang terserang korep diantaranya kulit ayam terutama pada bagian kepala terlihat seperti mengelupas dan berwarna putih seperti ketombe. Peyakit korep/kurap tidak bisa dianggap remeh karena akan berdampak buruk kepada ayam aduan. Ayam yang terkena penyakit korep ketahanan tubuhnya akan melemah dan mudah terserang penyakit, nafsu makan akan menurun, mata sayu dan apabila sudah parah bukan tidak mungkin ayam akan mati. Kemudian masalah serius akan ditimbulkan karena penyakit korep adalah penyakit menular dan harus cepat ditangani.
Artikel Terkait:

Penyakit korep/kurap bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan. Kebersihan adalah kunci dari kesehatan, biasanya penyakit korep disebabkan karena kondisi kandang yang kotor,tertular dari ayam lain dan kurangnya perawatan setelah ayam diadu (abar). Penting sekali untuk membersihkan bekas luka pada ayam setelah diadu karena kemungkinan besar dapat menimbulkan penyakit korep.


Cara Simpel Mengobati Kurap atau Korep Ayam Aduan

Cara pertama, Ayam yang terkena penyakit korep bisa diobati dengan cara memandikannya dengan air sirih yang hangat. Pada dasarnya korep adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman, daun sirih memiliki kandungan zat yang berguna untuk membunuh kuman.

Cara kedua, mengobati korep dengan menggunakan daun ketepeng. Daun ketepeng adalah sejenis daun yang biasa digunakan oleh masyarakan Indonesia untuk mengobati penyakit gatal dan sejenisnya. Dalam kasus ini anda bisa mencobanya dengan cara menggosokan daun ketepeng di bagian yang terserang korep secara rutin hingga benar-benar sembuh.

Cara ketiga, dengan antibiotik atau salap. Setelah kita sudah mencoba cara-cara tradisional dan ternyata belum berhasil, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan sedikit merogoh kocek untuk membeli antibiotik, pil atau salap untuk mengobati korep. Untuk kasus ini anda bisa menggunakan obat-obat seperti obat jamur seperti kanesten atau dengan obat khsusus untuk korep ayam.

Cara keempat, apabila semua usaha di atas sudah dilakukan dan ternyata korep tidak kunjung sembuh, maka selanjutnya harus mengambil tindakan tegas. Pertama-tama siapkan air mendidih, kunyit, jahe, lengkuas dan pisau. kemudian ambil ayam yang terserang korep dan selanjutnya lakukan pemotongan pada leher ayam menggunakan pisau dan membaca allah hu akbar dan dilakukan dengan dua orang.

Demikianlah tulisan ini saya buat dan semoga bermanfaat bagi pembacanya, untuk tips nomor empat saya hanya bercanda, :D jika pengobatan dilakukan dengan sungguh-sungguh maka untuk cara pertama sudah pasti berhasil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »