Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan Paling Jitu


Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan Paling Jitu

Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan - Sebagai botoh pastinya kita sangat mengidamkan memiliki ayam aduan yang memiliki pukulan keras (pukul KO), pukulan yang akurat dan pukulan super bagus. Dengan ayam yang memiliki pukulan yang bagus akan lebih memberikan peluang kemenangan saat bertanding. Pastinya ayam aduan yang memiliki pukulan yang baik akan memberikan efek negatif pada lawannya saat terkena pukulan.
Baca Juga:
Cara Jitu Mengobati Ayam Aduan Turun Urat
Manfaat Memandikan dan Menjemur Ayam

Akan tetapi, sebagai seorang botoh kita juga harus sadar bahwa kita hanya bisa meningkatkan dan melatih teknik pukulan ayam aduan kita. Pada dasarnya setiap ayam aduan memiliki teknik pukulan yang berbeda dan bervariasi, jadi selanjutnya tinggal kecakapan tangan dari sang pemilik (botoh) untuk melatih ayam aduan kesayangannya.

Lalu bagaimana teknik melatih pukulan ayam aduan yang bisa diterapkan? Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi tips tentang bagaimana teknik melatih pukulan ayam aduan, oke langsung saja ke pokok permasalahan.

Pelatihan dasar untuk membentuk otot-otot baru

Latihan ini bisa diterapkan pada ayam yang masih muda dan masih dalam pembentukan otot awal, yaitu ayam yang masih berusia 7-8 bulan dan kondisi ayam masih dalam pertumbuhan. Latihan ringan dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Lakukan pus up, jantur, dan peregangan. Pus Up bisa dilakuan dengan menekan bagian atas badan ayam ke bawah hingga ayam menyentuh tanah. Jantur bisa dilakukan dengan mengangkat kedua kaki ayam lalu diangkat ke atas dengan posisi kepala ayam ke bawah. Selanjutnya peregangan bisa dilakukan dengan memutar kepala ayam dan sayap ayam. Latihan-latihan ini dilakukan sesuai dengan kesanggupan dari ayam, apabila ayam kesayangan kita sudah kelihatan kelelahan latihan bisa dihentikan dan mengistirahatkannya.
  • Setelah ayam dilatih sesuai dengan latihan di atas, kemudian ayam bisa diistirahatkan sebentar dan selanjutnya dimandikan dan diumbar di halaman bebas.
  • Perlu diingat, dalam latihan ini sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena ayam masih dalam masa-masa pertumbuhan otot. Latihan dilakukan lebih kurang satu bulan maka akan terlihat perbedaannya pada ayam yang masih muda.


Latihan untuk meningkatkan kekuatan pukulan


  • Setelah sebelumnya dilakukan pelatihan dasar untuk membentuk otot-otot yang baru, selanjutnya adalah melakukan latihan untuk meningkatkan power (kekuatan) pukulan ayam. Pada tahap ini latihan harus dilakukan secara periodik dan tetap lakukan latihan-latihan seperti sebelumnya (pus up, jantur dan peregangan) dengan waktu yang lebih lama dibandingkan sebelumnya. Kemudian tambah dengan latihan-latihan sebagai berikut:
  • Untuk meningkatkan kekuatan pukulan ayam aduan bisa dengan latihan lompatan. Tujuan dari latihan lompatan adalah untuk memperkuat kuda-kuda dari si ayam. Caranya dengan memegang badan ayam dan mengangkatnya kira-kira setinggi lutut kemudian ayam dilepas, dengan begitu kaki ayam akan melatih menahan berat badan ayam dan ini sangat berguna karena pada dasarnya saat ayam memukul ayam akan melompat.
  • Melatih otot ayam dengan barbell. Seperti layaknya pemain tinju, ayam juga bisa dilatih dengan menggunakan barbell yang bisa anda dapatkan dengan membelinya. Banyak sekali dari para botoh yang menjadi agen penjual barbell dan anda bisa membelinya melalui mereka. Cara melatih dengan menggunakan barbell sangat beragam dan anda bisa mencobanya.
  • Selanjutnya melatih ayam dengan ayunan. Buatlah ayunan dengan menggunakan kayu atau bambu seperti layaknya pijakan pada kandang burung dan digantung menggunakan tali. Cara melakukannya ayam diletakan atau di tangkringkan pada bambu dan kemudian diayunkan. Dengan begitu akan melatih otot, keseimbangan dan akurasi pukulan dari ayam. 
  • Kemudian yang terakhir adalah latihan abar atau gebrak. Abar adalah latihan tarung dengan menggunakan dua ayam. Untuk latihan ini bisa dilakukan seminggu sekali dengan waktu yang disesuaikan dengan kesanggupan ayam 10-15 menit sudah cukup. Disamping untuk melatih otot, abar juga akan meningkatkan mental dan satamina (nafas) ayam juga meningkatkan teknik tarung ayam aduan. Untuk keamanan abar bisa dilakukan dengan bungkus jalu atau bungkus patok.

Nah begitulah lebih kurangnya teknik latiahan yang bisa para botoh gunakan untuk meningkatkan kekuatan pukulan ayam aduan. Setelah melakukan latihan-latihan di atas secara rutin pasti ayam aduan kesayangan kita akan mengalami kemajuan yang signifikan. Untuk memperoleh ayam aduan dengan kualitas super pasti perlu adanya ketekunan dan kesabaran. Semoga tulisan ini bermanfaat dan apabila terdapat kekurangan atau kesalahan harap dikoreksi.