Sikap Posesif Bisa Berdampak Buruk

Sikap Posesif Bisa Berdampak Buruk
Dalam hubungan asmara kata posesif pastinya sudah tidak asing lagi untuk didengar. Posesif merupakan wujud pengekspresian diri yang berlebihan kepada pasangan dalam sebuah hubungan. Posesif merupakan rasa takut kehilangan yang begitu berlebihan, biasanya seseorang yang posesif akan merasa tidak percaya, tidak nyaman dan terdapat rasa takut kehilangan yang begitu dalam. 

Dalam sebuah hubungan posesif bisa dibilang sebagai wujud penyampaian emosional. Posesif yang berlebihan akan berdampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain terutama pasangan anda. Kemudian akan timpul rasa cemburu terhadap pacar, rasa curiga, rasa takut kehilangan yang bahkan bisa saja menyebabkan pasangan anda malah jadi tidak nyaman.

Dampak dari posesif diantaranya adalah akan membuat seorang yang mengalaminya menjadi tertekan, curiga dengan pasangan, cemburu berlebihan yang kemudian akan menyebabkan timbul aturan-aturan yang sebenarnya itu tidak harus dilakukan. Posesif juga tidak baik untuk kesehatan pisikologis dan dalam al-qur’an juga telah dijelaskan bahwa “Berburuk sangka adalah sifat yang tercela” dan faktanya posesif akan menyebabkan perasangka yang buruk.

Posesif adalah bukti bahwa kamu sayang sama pasanganmu? Tidak guys, anggapan seperti ini harus dibuang jauh-jauh. “Ingat!, sayang adalah pengertian”. Jika anda posesif berarti anda bukanlah orang yang pengertian. Yah, kemudian akan muncul hal-hal yang akan menyebabkan anda kehilangan wibawa. Terlebih lagi bagi cowok, seorang cewek sangat senang dengan cowok yang pengertian dan tidak banyak aturan. 

Posesif tidak ada gunanya! Iya memang benar guys. Posesif hanya akan menyusahkan diri sendiri dan orang lain terlebih lagi bisa saja kehilangan seseorang yang benar-benar kita sayangi karena tidak bisa mengendalikan rasa posesif yang berlebihan. Biasanya penyakit posesif akan dialami oleh orang yang baru saja terjun ke dunia percintaan.
 

Lalu bagaimana supaya kita tidak terkena virus posesif?

Berfikirlah Positif

Berfikir positif tentang pasanganmu dan percaya bahwa dia akan selalu baik-baik saja saat jauh darimu. Hormati privasinya dengan tidak mengeluarkan banyak aturan. Ingat tahap pacaran adalah tahap awal dan tidak perlu terlalu banyak aturan guys. Jalani aja hidup masing-masing dengan tetap berhubungan baik.

Berikan Pasanganmu Kebebasan

Stop mengatur dan biarkan pasanganmu melakukan hal yang dia inginkan asalkan masih dalam hal-hal yang positif. Dengan begitu pasangan anda akan merasa leluasa dan tidak tertekan, tentu dia akan sangat suka dengan rasa pengertian yang anda berikan. Dengan diberikan kebebasan pasanganmu akan merasa yakin bahwa kamu memang benar-benar mempercayai dia. 

Melakukan Sosialisasi dan Bergaul

Pergaulan sangatlah penting guys. Biasanya seorang yang posesif bisa disebabkan karena dia kurang bergaul. Dengan bergaul kamu akan lebih mengerti tentang kehidupan luar dan bertukar pikiran deng teman-teman serta meminta pendapat apabila memang itu perlu. 

Menjalin sebuah hubungan sangatlah indah apabila diikuti dengan rasa saling percaya. Seorang yang saling mempercayai akan merasa lebih aman dan nyaman. Sebaiknya anda harus demikian dan menghilangkan sikap posesif yang berlebihan. Sebagai manusia kita hanya bisa belajar dari kesalahan, mungkin ada dari kalian yang pernah ditinggalkan oleh orang yang disayangi karena terlalu posesif. Maka untuk sekarang sebaiknya anda berubah.

Fenomena LDR (Long Distance Relationship)

Fenomena LDR (Long Distance Relationship)
Fenomena LDR (Long Distance Relationship) - LDR apa ya? LDR adalah kependekan atau singkatan dari Long Distance Relationship yang dalam bahasa indonesia dikenal dengan Hubungan Jarak Jauh yaitu dimana dua orang yang terpisah namun tetap melakukan hubungan. LDR (Long Distance Relationship) sering diumpamakan untuk seseorang kekasih atau pacar yang tetap melakukan hubungan asmara mereka meskipun tersipahkan oleh jarak.

Kasus LDR sering terjadi kepada pasangan yang memang benar-benar tinggal di wilayah yang berbeda. Misalkan, seorang lelaki yang tinggal di Pulau Sumatera dan Seorang Wanita yang tinggal di Pulau Jwa dan mereka tetap berhubungan. Namun tidak hanya itu saja yang menjadi faktor terjadinya LDR.  Bisa saja LDR disebabkan karena keadaan pekerjaan yang menuntut harus saling berjauhan, sekolah, tugas dan masih banyak lagi faktor-faktor yang kemungkinan menyebabkan LDR.

Memang fenomena LDR sangatlah ironis sekali, namun tergantung sudut pandang yang menjalani LDR memiliki sisi positif dan juga negatif. Faktanya LDR hanya berlaku untuk orang-orang yang memang memiliki kesetiaan dan rasa cinta yang besar terhadap pasangannya. Kenapa demikian? Tidak jarang pasangan yang menjalani LDR terpaksa harus putus karena tidak sanggup lagi melanjutkan hubungan karena beberapa alasan tertentu. Bahkan yang sangat ironis, hubungan yang sudah berlangsung cukup lama bisa kandas di tengah jalan akibat LDR.

Kok Bisa begitu? Nah memang LDR terkesan sangat berat untuk dijalani karena beberapa alasan yang membuat mereka merasa tertekan. Hubungan jarak jauh (LDR) terkadang bisa memicu salah paham, cemburu dan akan tertekan rasa kawatir yang berlebihan karena tidak bisa mengawasi sang pacar setiap waktu yang kemudian akan berbuah rasa curiga terhadap pasangan. Hubungan jarak jauh bisa saja menyebabkan rasa sayang dan cinta memudar, nggak pernah tau apa yang sedang dilakuin sama pacar saat jauh yang pastinya akan membuat diri semakin terbebani. Belum lagi bagi mereka yang tidak bisa menjaga hati, pasti akan tergoda dengan cewek/cowok lain saat jauh dari pasangan dan inilah yang harus diwaspadai karena bisa menyebabkan selingkuh. 

LDR memang sangat berat, tapi tidak jarang dari mereka yang menjalani LDR bisa tetep langgeng dan baik-baik saja. Iya, mereka yang selamat dari LDR adalah mereka yang benar-benar kuat mental dan tekanan dan pastinya sangat setia dan sayang terhadap pasangannya. Mereka adalah orang yang mampu melalui hari-hari dengan kesendirian tanpa kekasih akan tetapi mereka tetap setia dan percaya. 

Lalu bagaimana caranya agar bisa langgeng dengan pasangan walaupun LDR? Kalo menurut penulis sendiri sih tergantung kalian yang menjalani. Intinya dalam menjalin hubungan adalah keyakinan dan kepercayaan terhadap pasangan. Toh faktanya tidak menjalani LDR saja kalau tidak saling percaya dan yakin pasti akan kandas juga. Dan satu lagi tips buat kalian ang LDR “Jangan pernah selingkuh”. Selingkuh tidak akan memperbaiki keadaan, jika yang kamu rasakan adalah kesepian maka cobalah untuk melakukan hal-hal yang lebih positif.

Kenapa Harus Pacaran? Apa sih Manfaatnya?

pacaran
Kenapa Harus Pacaran? Apa sih Manfaatnya? - Pacaran? Oh apa itu pacaran? Pengertian pacaran yah pastinya sangat luas guys, ada yang bilang kalo pacaran itu kesenangan, semangat, motivasi, hiburan dan alasan lain-lainnya. Kalo menurut penulis sih pacaran itu ya hubungan, (dimana-mana pacaran yah emang hubungan) #Plakk . iya hubungan saling care antara satu insan dengan satu insan lainnya yang tentunya ngga sejenis atau homo.

Oke langsung saja deh ke topik utama kita guys, Kenapa kita harus pacaran? Dan apa manfaat pacaran? Ngomong-ngomong soal pacaran memang gak ada habisnya guys, terlebih lagi bagi kita yang baru saja puber dan pastinya pacar menjadi topik perbincangan yang paling menarik. Lalu akan muncul pertanyaan kenapa harus pacaran? Ehh ayo kamu yang punya pacar, apa tujuanmu pacaran? Nahh pasti terkadang kita yang pacaran pun masih bingung cari jawaban kalo ditannya begitu. Kemudian akan semakin banyak muncul pertanyaan terkait pacaran, boleh gak sih pacaran? Apa pacaran haram? Dan bla. . . bla . . . 

Pacaran itu boleh kok asal positif. Iya positif dalam arti baik dan bukan positif telat bulan. Dalam kehidupan pacaran yang positif akan memberikan banyak sekali manfaat guys, baik dari segi biologis ataupun psikologis.

Lalu gimana pacaran yang positif itu? Nah simak di bawah guys
Pacar bisa menjadi temen curhat
Sebagai manusia kita butuh komunikasi, apalagi bagi kita-kita yang sedang mencari jati diri sesungguhnya. Cieeee so sweet. Loh kenapa kok komunikasi harus dengan pacaran? Nah iya ini bedanya, “seorang pacar akan mampu menjalankan peran yang berbeda dalam mendengarkan curhatan”. Sharing dengan pacar akan terasa lebih asik dan menarik, berbicara semua hal dan berbagi kebahagiaan.
Pacar yang baik akan menuntun kita menjadi lebih baik
Seorang pacar akan cenderung lebih perhatian, pastinya sangat berbeda dengan teman. Pacar selalu menginginkan kita untuk menjadi yang terbaik. Dia akan selalu cerewet dan mengomeli kita apabila kita salah. Dengan begitu kita akan bisa intropeksi diri dan belajar berubah menjadi lebih baik lagi.
Pacar akan memberikan motivasi
Pacar yang pengertian akan selau memberikan motivasi positif. Di saat kita terjatuh dia akan selalu memberikan dukungan yang akan membuat kita bangkit. Sebagai contoh kecil, misal kita mengalami atau ditimpa masalah dalam kuliah, kantor dan sebagainya. Pasti seorang pacar akan menenangkan dan memberikan dukungan.
Mendekatkan kepada tuhan
Dalam hal ini sebaiknya carilah pacar yang shaleh dan alim. Bukan dalam artian nama nya “shaleh dan alim” haha. Pacar yang alim adalah pacar yang rajin ibadah dan selalu mengingatkan kita untuk beribadah. Pacaran adalah proses pendekatan jodoh dan bukan tidak mungkin untuk sampai ke jenjang selanjutnya atau pernikahan. Dengan begitu seorang pacar yang baik akan selalu berusaha merubah pasangannya ke arah yang lebih baik lagi.
 
Pacaran adalah kasus yang masih menjadi berdebadan terutama oleh umat islam. Islam mengajarkan kita untuk tidak pacaran dan lebih dianjurkan untuk ta’aruf. Jadi apa pacaran itu boleh? Jawabannya adalah tergantung diri kita! Boleh pacaran asal pacaran yang bositif dan tidak mendatangkan kemudharatan. Oke guys, segitu aja artikel dari saya, semoga bermanfaat.

Mengungkap Ayam Bangkok Hitam Jergem

ayam bangkok hitam jergem

Mengungkap Ayam Bangkok Hitam Jergem - Dari sebagian bersar parah botoh atau penghobi ayam aduan terutama ayam Bangkok tak jarang dari mereka yang menyukai ayam Bangkok dengan warna bulu hitam jergem atau hitam mengkilat. Sebabnya penulis sangat terinspirasi untuk membuat tulisan tentang ayam Bangkok hitam jergem. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis selama menggeluti hobi ayam aduan dan ayam Bangkok hitam jergem merupakan salah satu favorit dari penulis sendiri. 

Memang sangat banyak dari para botoh menganggap bahwa ayam Bangkok hitam jergem bukanlah keturunan asli dari ayam Bangkok Thailand dan dianggap darah Bangkoknya sudah tercampur dengan ras ayam di Indonesia.  Akan tetapi faktanya tidak jarang dari ayam aduan berwarna hitam jergem mengang di glanggang, bahkan sering ditemui ayam ini mampu melesatkan pukulan mematikan.
 
Ayam Bangkok hitam jergem biasanya memiliki struktur tulangan yang bagus dan merupakan ayam tipe pukul. Sepanjang yang penulis temui kebanyakan yam banggkok hitam jergem hanya mengandalkan kekuatan pukulan dan bukanlah tipe ayam jalu (taji). 

Dari segi teknik permainan adalah tergolong ayam teknik kontrol. Ayam ini cenderung tidak terlalu rajin melesatkan pukulan, akan tetapi dari satu pukulan saja mampu membuat lawan kaget dan kemudian diikuti dengan pukulan seri berturut-turut.
 
Ayam Bangkok hitam jergem memiliki stamina dan tahan terhadap pukulan. Ini adalah kelebihan yang paling menonjol dari ayam ini, meskipun jarang melesatkan pukulan tapi ayam ini sangat tahan terhadap pukulan. 

Kemudian yang sering membawa kemenangan dari ayam Ayam Bangkok hitam jergem adalah gaya tarung yang sangat tenang dan full kontrol. Sangat lebih efektif apabila ayam ini memiliki pukulan KO, bukan tidak mungkin ayam ini dapat menumbangkan lawannya dengan cepat.
 
Ayam Bangkok hitam jergem memiliki warna bulu yang khas dan terlihat memiliki aura gagah perkasa. Dengan bulu yang mengkilat apabila tersinari matahari ayam ini memiliki kemistri yang luar biasa.
Mengenai tulisan Mengungkap Ayam Bangkok Hitam Jergem ini hanyalah sebatas dari pengalaman penulis dan mungkin saja dari para botoh ada yang sependapat atau tidak. Sebagai seorang penulis saya hanya mampu membuat tulisan dan perharap tulisan yang saya buat bisa menginspirasi para pembacanya. Salam para botoh Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat.

Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan Paling Jitu


Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan Paling Jitu

Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan - Sebagai botoh pastinya kita sangat mengidamkan memiliki ayam aduan yang memiliki pukulan keras (pukul KO), pukulan yang akurat dan pukulan super bagus. Dengan ayam yang memiliki pukulan yang bagus akan lebih memberikan peluang kemenangan saat bertanding. Pastinya ayam aduan yang memiliki pukulan yang baik akan memberikan efek negatif pada lawannya saat terkena pukulan.
Baca Juga:
Cara Jitu Mengobati Ayam Aduan Turun Urat
Manfaat Memandikan dan Menjemur Ayam

Akan tetapi, sebagai seorang botoh kita juga harus sadar bahwa kita hanya bisa meningkatkan dan melatih teknik pukulan ayam aduan kita. Pada dasarnya setiap ayam aduan memiliki teknik pukulan yang berbeda dan bervariasi, jadi selanjutnya tinggal kecakapan tangan dari sang pemilik (botoh) untuk melatih ayam aduan kesayangannya.

Lalu bagaimana teknik melatih pukulan ayam aduan yang bisa diterapkan? Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi tips tentang bagaimana teknik melatih pukulan ayam aduan, oke langsung saja ke pokok permasalahan.

Pelatihan dasar untuk membentuk otot-otot baru

Latihan ini bisa diterapkan pada ayam yang masih muda dan masih dalam pembentukan otot awal, yaitu ayam yang masih berusia 7-8 bulan dan kondisi ayam masih dalam pertumbuhan. Latihan ringan dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Lakukan pus up, jantur, dan peregangan. Pus Up bisa dilakuan dengan menekan bagian atas badan ayam ke bawah hingga ayam menyentuh tanah. Jantur bisa dilakukan dengan mengangkat kedua kaki ayam lalu diangkat ke atas dengan posisi kepala ayam ke bawah. Selanjutnya peregangan bisa dilakukan dengan memutar kepala ayam dan sayap ayam. Latihan-latihan ini dilakukan sesuai dengan kesanggupan dari ayam, apabila ayam kesayangan kita sudah kelihatan kelelahan latihan bisa dihentikan dan mengistirahatkannya.
  • Setelah ayam dilatih sesuai dengan latihan di atas, kemudian ayam bisa diistirahatkan sebentar dan selanjutnya dimandikan dan diumbar di halaman bebas.
  • Perlu diingat, dalam latihan ini sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena ayam masih dalam masa-masa pertumbuhan otot. Latihan dilakukan lebih kurang satu bulan maka akan terlihat perbedaannya pada ayam yang masih muda.


Latihan untuk meningkatkan kekuatan pukulan


  • Setelah sebelumnya dilakukan pelatihan dasar untuk membentuk otot-otot yang baru, selanjutnya adalah melakukan latihan untuk meningkatkan power (kekuatan) pukulan ayam. Pada tahap ini latihan harus dilakukan secara periodik dan tetap lakukan latihan-latihan seperti sebelumnya (pus up, jantur dan peregangan) dengan waktu yang lebih lama dibandingkan sebelumnya. Kemudian tambah dengan latihan-latihan sebagai berikut:
  • Untuk meningkatkan kekuatan pukulan ayam aduan bisa dengan latihan lompatan. Tujuan dari latihan lompatan adalah untuk memperkuat kuda-kuda dari si ayam. Caranya dengan memegang badan ayam dan mengangkatnya kira-kira setinggi lutut kemudian ayam dilepas, dengan begitu kaki ayam akan melatih menahan berat badan ayam dan ini sangat berguna karena pada dasarnya saat ayam memukul ayam akan melompat.
  • Melatih otot ayam dengan barbell. Seperti layaknya pemain tinju, ayam juga bisa dilatih dengan menggunakan barbell yang bisa anda dapatkan dengan membelinya. Banyak sekali dari para botoh yang menjadi agen penjual barbell dan anda bisa membelinya melalui mereka. Cara melatih dengan menggunakan barbell sangat beragam dan anda bisa mencobanya.
  • Selanjutnya melatih ayam dengan ayunan. Buatlah ayunan dengan menggunakan kayu atau bambu seperti layaknya pijakan pada kandang burung dan digantung menggunakan tali. Cara melakukannya ayam diletakan atau di tangkringkan pada bambu dan kemudian diayunkan. Dengan begitu akan melatih otot, keseimbangan dan akurasi pukulan dari ayam. 
  • Kemudian yang terakhir adalah latihan abar atau gebrak. Abar adalah latihan tarung dengan menggunakan dua ayam. Untuk latihan ini bisa dilakukan seminggu sekali dengan waktu yang disesuaikan dengan kesanggupan ayam 10-15 menit sudah cukup. Disamping untuk melatih otot, abar juga akan meningkatkan mental dan satamina (nafas) ayam juga meningkatkan teknik tarung ayam aduan. Untuk keamanan abar bisa dilakukan dengan bungkus jalu atau bungkus patok.

Nah begitulah lebih kurangnya teknik latiahan yang bisa para botoh gunakan untuk meningkatkan kekuatan pukulan ayam aduan. Setelah melakukan latihan-latihan di atas secara rutin pasti ayam aduan kesayangan kita akan mengalami kemajuan yang signifikan. Untuk memperoleh ayam aduan dengan kualitas super pasti perlu adanya ketekunan dan kesabaran. Semoga tulisan ini bermanfaat dan apabila terdapat kekurangan atau kesalahan harap dikoreksi.




Mengatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam


Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam

Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam - Setiap binatang pasti meliki alibi untuk bertahan hidup, begitu pula dengan ayam. Ayam yang baru menetetas akan berusaha mempertahankan hidupnya agar bisa berumur panjang dan tidak mati. Karena hal itu maka akan mucul sebuah persaingan antara anak ayam untuk saling bertahan hidup. 

Ayam adalah salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dapat menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak dalam satu periode. Kemudian setelah ayam menetas akan muncul naluri untuk bertahan hidup, seperti misalnya berebut makanan, berebut kekuasaan di kandang dan lain sebagainya yang kemudian akan menyebabkan akan ada anak ayam yang tereliminasi. 

Hal yang demikian akan berakibat buruk pada petumbuhan anak ayam dan kelangsungan hidup mereka. Bisa saja ayam yang kalah bersaing akan kekurangan makanan/gizi, bahakan bisa saja berakhir dengan kematian. Untuk itu, pada tulisan ini penulis akan berbagi tips untuk mengurangi risiko persaingan yang kemungkinan terjadi. 

Untuk Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam bisa dilakukan dengan cara:


Pemberian pakan secara maksimal

Biasanya ayam akan bersaing dalam hal memperebutkan makanan, karena itu sebagai peternak hendaklah mencukupi kebutuhan pakan ayam secara penuh dan tidak telat. Biasanya persaingan akan terlihat ketika ayam mulai berusia 2-3 minggu setelah menetas, jadi yang perlu dilakukan adalah mengusahakan anak ayam agar tidak mengalami mogok tumbuh atau telat tumbuh. Faktor utama yang memperlambat pertumbuhan ayam adalah akibat persaingan yang terjadi di dalam kandang itu sendiri. baca juga artikel Pakan Ayam Aduan Sesuai Usia

Pembatasan volume kandang

Pembatasan jumlah volume kandang adalah memperhitungkan jumlah anak ayam dalam sebuah kandang untuk mengurangi persaingan bertahan hidup anak ayam. Semakin banyak anak ayam dalam sebuah kandang maka akan menyebabkan terjadinya perebutan pakan. Sering sekali para botoh temui anak ayam yang menetas dalam waktu yang sama tapi pertumbuhannya tidak sama, ada ayam yang cepat besar dan sehat kemudian ada pula anak ayam yang lambat dan terlihat tidak sehat. Untuk itu langkah yang paling efektif dilakukan untung menghindari hal yang demikian adalah dengan membatasi volume kandang.

Melakukan pengelompokan

Dilakukan pengeompokan ini apabila dalam satu kandang anak ayam telah jelas terlihat perbedaan pertumbuhan antara satu ayam dengan yang lainnya. Sebaiknya anak ayam yang mengalami pertumbuhan yang lambat atau kalah bersaing dipindahkan ke kandang lain. Misalnya saja para botoh memiliki 6 anak ayam yang dicampurkan dalam satu kandang, tetapi hanya 3 anak ayam yang pertumbuhannya baik dan 3 sisahnya telat tumbuh. Dalam kasus ini sebaiknya tiga anak ayam yang mengalami telat pertumbuhan dipisah ke kandang lain agar tidak kalah bersaing dengan ayam yang sehat dan pastinya sudah memiliki ukuran tubuh yang besar karena menang dalam perebutan makanan (gizi).

Memisahkan anak ayam yang berebut kekuasaan

Menjelang usia dua sampai tiga bulan biasanya anak ayam terutama yang jantan akan memperebutkan kekuasaan di dalam kandang. Dalam merebutkan kekuasaan tak jarang anak ayam akan berkelahi satu sama lainnya. Dengan bertarung maka akan membuat pertumbuhan dari anak ayam menjadi terhambat, hal ini bisa disebabkan karena anak ayam yang bertarung akan mendapatkan luka dan bisa saja mati. Sebaiknya apabila sudah terlihat anak ayam yang mulai berkelahi sebaiknya dipisahkan juga.

Mungkin hanya itu saja tips yang dapat penulis berikan tentang bagaimana Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam. Mungkin dari pembaca ada yang bertanya “kenapa ini harus dilakukan?”, jawabannya adalah setiap botoh pastinya menginginkan anak ayam dengan pertumbuhan yang optimal. Bukankah saying sekali apabila anak ayam sampai telat dalam pertumbuhan, tentu saja akan berpengaruh saat ayam dewasa.






Ciri-ciri Ayam Siap Diadu

aya, siap diadu

Ciri-ciri Ayam Siap Diadu - Kesiapan ayam saat diadu adalah salah satu faktor penentu kemenangan. Sangatlah rugi apabila seorang botoh mengadu ayam yang masih dalam keadaan belum siap dan juga pastinya  akan berdampak buruk terhadap ayam adauan kesayangan mereka. Ayam yang belum siap bisa saja mengalami cedera saat diadu, kalah atau bahkan berakhir dengan kematian.

Dengan demikian perlulah sebagai botoh untuk mempersiapkan kondisi ayam secara matang sebelum diadu. Persiapan-persiapan bisa dilakukan dengan cara latihan secara rutin, meningkatkan teknik pukul, pernafasan, pemberian obat-obatan herbal, vitamin, jamu dan persiapan lainnya.
Baca Juga : Perawatan Wajib Ayam Aduan Setelah Diadu 

Tidak hanya itu, sebagai seorang botoh yang terpenting adalah tahu bagaimana saat ayam benar-benar siap untuk diadu atau turun gelanggang. Pada tulisan ini penulis akan memberi gambaran mengenai bagaimana ciri ayam yang sudah siap untuk diadu.

Ayam yang siap diadu biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Bentuk dan warna kulit ayam

Kondisi kulit ayam yang siap tarung adalah halus dan berwarna merah tua dan tidak terlihat pucat pada bagian muka, paha, dada, leher. Dalam hal ini kulit ayam dikatakan halus yaitu bentuk kulit megkilat layaknya diolesi dengan minyak sayur dan berwarna merah. Kemudian untuk mengamati kulit ayam bisa dilakukan setelah memandikan ayam aduan. untuk ayam yang belum siap biasanya kulit akan berwarna pucat dan terkadang cepat mengalami perubahan yang kadang-kadang pucat dan kemudian merah. 

Bulu yang mengkilat

Biasanya para botoh senior juga menggunakan keadaan bulu untuk menjadi pertimbangan tolak ukur ayam yang siap diadu. Tapi menurut penulis setuju dengan hal ini, faktanya ayam yang kurang fit/kurang sehat bulunya akan cenderung terlihat kusam dan kumal. Ayam yang bulunya mengkilat juga akan lebih terlihat berwibawa dan gagah, tidak hanya itu tingginya vitalitas ayam diikuti dengan ciri bulu yang terlihat mengkilat.

Sikap agresif 

Ayam aduan yang siap tarung akan lebih terlihat agresif dan cepat sekali panas. Sikap agresif tersebut biasanya ditunjukan kepada ayam-ayam disekitarnya dan keinginan untuk memukul ayam lain. Untuk menguji keagresifan dari ayam aduan bisa dengan mengurung ayam di dalam kandang dan kemudian dalam waktu yang bersamaan anda mengumbar ayam jantan lain di hadapanya. Ayam yang agresif akan terlihat sangat marah dan seolah-olah mengamuk ingin keluar dari kandang dengan melompat-lompat mendobrak kandang. Untuk ayam yang belum fit keagresifannya hanya dalam batas normal saja. 

Kondisi stamina ayam

Stamina atau biasa dikenal dengan “Nafas” ayam merupakan penentu dari kesiapan ayam aduan. Ayam yang siap diadu harus memiliki stamina yang bagus agar bisa tahan bahakan sampai waktu setengah jam atau satu jam lebih. Untuk mengetahui kesiapan stamina (nafas) ayam aduan bisa dilakukan dengan mengabar atau latihan tarung. Abar bisa dilakukan selama satu ronde atau dengan kisaran waktu 15-20 menit. Jika ayam mampu bertahan selama waktu tersebut dan pukulan yang dilesatkan ayam masih akurat berarti ayam bisa dikatakan siap tarung jika belum maka ayam masih butuh perawatan lagi untuk beberapa waktu hingga ayam benar-benar siap.

Mental

Mental adalah keberanian dari ayam aduan untuk menghadipi lawanya. Mental sangat penting sekali dalam menentukan kelangsungan pertarungan. Kasus kegagalan mental ini biasa terjadi pada ayam yang masih berumur muda dan masih pilih-pilih lawan. Sangat mengecewakan apabila semuanya sudah siap tapi ayam malah lari atau tidak mau melanjutkan pertarungan karena lemah mental yang tentu saja ayam aduan kita langsung kalah. Untuk itu, saran dari saya sebaiknya mempersiapkan mental ayam sebelum diadu. Melatih mental ayam aduan bisa dengan cara abar dengan lawan yang berbeda secara berkala dengan tujuan ayam tidak kaget saat bertanding karena sudah memiliki banyak pengalaman.
  • Baca Juga: 
Pada dasarnya semua kegiatan adalah proses untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, persiapan yang matang adalah kunci dari keberhasilan dan juga untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi. Sekian dari tulisan ini saya buat dan apabila ada kekurangan atau kesalahan harap dikoreksi.