Manfaat Memandikan dan Menjemur Ayam Aduan

memandikan ayam aduan

Manfaat Memandikan dan Menjemur Ayam Aduan Ayam aduan yang sudah berumur lebih dari tujuh bulan sudah bisa diberi perwatan ekstra dengan memandikan dan dijemur. Mengapa harus dimandikan? Tujuan memandikan ayam adalah supaya ayam terlihat lebih segar. Dan juga dengan dimandikan akan membantu proses pertumbuhan dan pengerasan otot pada ayam. Pastinya sebagai peternak ayam aduan kita ingin menghasilkan ayam aduan yang bagus dan memiliki daya jual yang tinggi, jadi dengan kita melakukan perawatan akan menaikan harga jual dari ayam tersebut. Dalam proses memandikan ayam pun tidaklah sembarangan, ayam dimandikan dengan menggunakan gabus atau spons dengan cara perlahan-lahan dan kemudian dipijit agar otot-otot pada ayam dapat berkembang menjadi lentur dan keras. Waktu memandikan ayam bisa dilakukan sehari sekali pada waktu pagi hari antara jam 8-9 dengan memperhatikan cuaca. Apabila cuaca mendung atau hujan sebaiknya ayam tidak perlu dimandikan. Karena pada waktu mendung atau hujan akan menyebabkan proses pengeringan bulu menjadi lama yang bisa menyebabkan kerusakan bulu ayam, misalnya menjadi kusam.
memandikan ayam


Mengapa ayam harus dijemur? Tujuan dari menjemur ayam adalah untuk mengeringkan bulu pada ayam dan juga untuk membentuk stamina pada ayam. Ayam yang kurang dijemur pastinya akan loyo dan memiliki nafas yang pendek. Manfaat dari menjemur juga diantaranya ayam akan lebih bergairah, membunuh bakteri, membentuk otot, mendapatkan vitamin D dan kemudian stamina ayam akan meningkat karena terbiasa dengan panas. waktu penjemuran ayam yang baik yaitu pada pukul 8.30 sampai pukul 11. Penjemuran ayam juga jangan terlalu lama, karena bisa berefek negative bila terlalu lama. 

Dengan perawatan khusus seperti memandikan dan menjemur. Pastinya ayam akan mengalami perubahan dan kemungkinan nilai jual pun akan semakin tinggi. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »