Sikap Posesif Bisa Berdampak Buruk

Sikap Posesif Bisa Berdampak Buruk
Dalam hubungan asmara kata posesif pastinya sudah tidak asing lagi untuk didengar. Posesif merupakan wujud pengekspresian diri yang berlebihan kepada pasangan dalam sebuah hubungan. Posesif merupakan rasa takut kehilangan yang begitu berlebihan, biasanya seseorang yang posesif akan merasa tidak percaya, tidak nyaman dan terdapat rasa takut kehilangan yang begitu dalam. 

Dalam sebuah hubungan posesif bisa dibilang sebagai wujud penyampaian emosional. Posesif yang berlebihan akan berdampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain terutama pasangan anda. Kemudian akan timpul rasa cemburu terhadap pacar, rasa curiga, rasa takut kehilangan yang bahkan bisa saja menyebabkan pasangan anda malah jadi tidak nyaman.

Dampak dari posesif diantaranya adalah akan membuat seorang yang mengalaminya menjadi tertekan, curiga dengan pasangan, cemburu berlebihan yang kemudian akan menyebabkan timbul aturan-aturan yang sebenarnya itu tidak harus dilakukan. Posesif juga tidak baik untuk kesehatan pisikologis dan dalam al-qur’an juga telah dijelaskan bahwa “Berburuk sangka adalah sifat yang tercela” dan faktanya posesif akan menyebabkan perasangka yang buruk.

Posesif adalah bukti bahwa kamu sayang sama pasanganmu? Tidak guys, anggapan seperti ini harus dibuang jauh-jauh. “Ingat!, sayang adalah pengertian”. Jika anda posesif berarti anda bukanlah orang yang pengertian. Yah, kemudian akan muncul hal-hal yang akan menyebabkan anda kehilangan wibawa. Terlebih lagi bagi cowok, seorang cewek sangat senang dengan cowok yang pengertian dan tidak banyak aturan. 

Posesif tidak ada gunanya! Iya memang benar guys. Posesif hanya akan menyusahkan diri sendiri dan orang lain terlebih lagi bisa saja kehilangan seseorang yang benar-benar kita sayangi karena tidak bisa mengendalikan rasa posesif yang berlebihan. Biasanya penyakit posesif akan dialami oleh orang yang baru saja terjun ke dunia percintaan.
 

Lalu bagaimana supaya kita tidak terkena virus posesif?

Berfikirlah Positif

Berfikir positif tentang pasanganmu dan percaya bahwa dia akan selalu baik-baik saja saat jauh darimu. Hormati privasinya dengan tidak mengeluarkan banyak aturan. Ingat tahap pacaran adalah tahap awal dan tidak perlu terlalu banyak aturan guys. Jalani aja hidup masing-masing dengan tetap berhubungan baik.

Berikan Pasanganmu Kebebasan

Stop mengatur dan biarkan pasanganmu melakukan hal yang dia inginkan asalkan masih dalam hal-hal yang positif. Dengan begitu pasangan anda akan merasa leluasa dan tidak tertekan, tentu dia akan sangat suka dengan rasa pengertian yang anda berikan. Dengan diberikan kebebasan pasanganmu akan merasa yakin bahwa kamu memang benar-benar mempercayai dia. 

Melakukan Sosialisasi dan Bergaul

Pergaulan sangatlah penting guys. Biasanya seorang yang posesif bisa disebabkan karena dia kurang bergaul. Dengan bergaul kamu akan lebih mengerti tentang kehidupan luar dan bertukar pikiran deng teman-teman serta meminta pendapat apabila memang itu perlu. 

Menjalin sebuah hubungan sangatlah indah apabila diikuti dengan rasa saling percaya. Seorang yang saling mempercayai akan merasa lebih aman dan nyaman. Sebaiknya anda harus demikian dan menghilangkan sikap posesif yang berlebihan. Sebagai manusia kita hanya bisa belajar dari kesalahan, mungkin ada dari kalian yang pernah ditinggalkan oleh orang yang disayangi karena terlalu posesif. Maka untuk sekarang sebaiknya anda berubah.

Fenomena LDR (Long Distance Relationship)

Fenomena LDR (Long Distance Relationship)
Fenomena LDR (Long Distance Relationship) - LDR apa ya? LDR adalah kependekan atau singkatan dari Long Distance Relationship yang dalam bahasa indonesia dikenal dengan Hubungan Jarak Jauh yaitu dimana dua orang yang terpisah namun tetap melakukan hubungan. LDR (Long Distance Relationship) sering diumpamakan untuk seseorang kekasih atau pacar yang tetap melakukan hubungan asmara mereka meskipun tersipahkan oleh jarak.

Kasus LDR sering terjadi kepada pasangan yang memang benar-benar tinggal di wilayah yang berbeda. Misalkan, seorang lelaki yang tinggal di Pulau Sumatera dan Seorang Wanita yang tinggal di Pulau Jwa dan mereka tetap berhubungan. Namun tidak hanya itu saja yang menjadi faktor terjadinya LDR.  Bisa saja LDR disebabkan karena keadaan pekerjaan yang menuntut harus saling berjauhan, sekolah, tugas dan masih banyak lagi faktor-faktor yang kemungkinan menyebabkan LDR.

Memang fenomena LDR sangatlah ironis sekali, namun tergantung sudut pandang yang menjalani LDR memiliki sisi positif dan juga negatif. Faktanya LDR hanya berlaku untuk orang-orang yang memang memiliki kesetiaan dan rasa cinta yang besar terhadap pasangannya. Kenapa demikian? Tidak jarang pasangan yang menjalani LDR terpaksa harus putus karena tidak sanggup lagi melanjutkan hubungan karena beberapa alasan tertentu. Bahkan yang sangat ironis, hubungan yang sudah berlangsung cukup lama bisa kandas di tengah jalan akibat LDR.

Kok Bisa begitu? Nah memang LDR terkesan sangat berat untuk dijalani karena beberapa alasan yang membuat mereka merasa tertekan. Hubungan jarak jauh (LDR) terkadang bisa memicu salah paham, cemburu dan akan tertekan rasa kawatir yang berlebihan karena tidak bisa mengawasi sang pacar setiap waktu yang kemudian akan berbuah rasa curiga terhadap pasangan. Hubungan jarak jauh bisa saja menyebabkan rasa sayang dan cinta memudar, nggak pernah tau apa yang sedang dilakuin sama pacar saat jauh yang pastinya akan membuat diri semakin terbebani. Belum lagi bagi mereka yang tidak bisa menjaga hati, pasti akan tergoda dengan cewek/cowok lain saat jauh dari pasangan dan inilah yang harus diwaspadai karena bisa menyebabkan selingkuh. 

LDR memang sangat berat, tapi tidak jarang dari mereka yang menjalani LDR bisa tetep langgeng dan baik-baik saja. Iya, mereka yang selamat dari LDR adalah mereka yang benar-benar kuat mental dan tekanan dan pastinya sangat setia dan sayang terhadap pasangannya. Mereka adalah orang yang mampu melalui hari-hari dengan kesendirian tanpa kekasih akan tetapi mereka tetap setia dan percaya. 

Lalu bagaimana caranya agar bisa langgeng dengan pasangan walaupun LDR? Kalo menurut penulis sendiri sih tergantung kalian yang menjalani. Intinya dalam menjalin hubungan adalah keyakinan dan kepercayaan terhadap pasangan. Toh faktanya tidak menjalani LDR saja kalau tidak saling percaya dan yakin pasti akan kandas juga. Dan satu lagi tips buat kalian ang LDR “Jangan pernah selingkuh”. Selingkuh tidak akan memperbaiki keadaan, jika yang kamu rasakan adalah kesepian maka cobalah untuk melakukan hal-hal yang lebih positif.

Kenapa Harus Pacaran? Apa sih Manfaatnya?

pacaran
Kenapa Harus Pacaran? Apa sih Manfaatnya? - Pacaran? Oh apa itu pacaran? Pengertian pacaran yah pastinya sangat luas guys, ada yang bilang kalo pacaran itu kesenangan, semangat, motivasi, hiburan dan alasan lain-lainnya. Kalo menurut penulis sih pacaran itu ya hubungan, (dimana-mana pacaran yah emang hubungan) #Plakk . iya hubungan saling care antara satu insan dengan satu insan lainnya yang tentunya ngga sejenis atau homo.

Oke langsung saja deh ke topik utama kita guys, Kenapa kita harus pacaran? Dan apa manfaat pacaran? Ngomong-ngomong soal pacaran memang gak ada habisnya guys, terlebih lagi bagi kita yang baru saja puber dan pastinya pacar menjadi topik perbincangan yang paling menarik. Lalu akan muncul pertanyaan kenapa harus pacaran? Ehh ayo kamu yang punya pacar, apa tujuanmu pacaran? Nahh pasti terkadang kita yang pacaran pun masih bingung cari jawaban kalo ditannya begitu. Kemudian akan semakin banyak muncul pertanyaan terkait pacaran, boleh gak sih pacaran? Apa pacaran haram? Dan bla. . . bla . . . 

Pacaran itu boleh kok asal positif. Iya positif dalam arti baik dan bukan positif telat bulan. Dalam kehidupan pacaran yang positif akan memberikan banyak sekali manfaat guys, baik dari segi biologis ataupun psikologis.

Lalu gimana pacaran yang positif itu? Nah simak di bawah guys
Pacar bisa menjadi temen curhat
Sebagai manusia kita butuh komunikasi, apalagi bagi kita-kita yang sedang mencari jati diri sesungguhnya. Cieeee so sweet. Loh kenapa kok komunikasi harus dengan pacaran? Nah iya ini bedanya, “seorang pacar akan mampu menjalankan peran yang berbeda dalam mendengarkan curhatan”. Sharing dengan pacar akan terasa lebih asik dan menarik, berbicara semua hal dan berbagi kebahagiaan.
Pacar yang baik akan menuntun kita menjadi lebih baik
Seorang pacar akan cenderung lebih perhatian, pastinya sangat berbeda dengan teman. Pacar selalu menginginkan kita untuk menjadi yang terbaik. Dia akan selalu cerewet dan mengomeli kita apabila kita salah. Dengan begitu kita akan bisa intropeksi diri dan belajar berubah menjadi lebih baik lagi.
Pacar akan memberikan motivasi
Pacar yang pengertian akan selau memberikan motivasi positif. Di saat kita terjatuh dia akan selalu memberikan dukungan yang akan membuat kita bangkit. Sebagai contoh kecil, misal kita mengalami atau ditimpa masalah dalam kuliah, kantor dan sebagainya. Pasti seorang pacar akan menenangkan dan memberikan dukungan.
Mendekatkan kepada tuhan
Dalam hal ini sebaiknya carilah pacar yang shaleh dan alim. Bukan dalam artian nama nya “shaleh dan alim” haha. Pacar yang alim adalah pacar yang rajin ibadah dan selalu mengingatkan kita untuk beribadah. Pacaran adalah proses pendekatan jodoh dan bukan tidak mungkin untuk sampai ke jenjang selanjutnya atau pernikahan. Dengan begitu seorang pacar yang baik akan selalu berusaha merubah pasangannya ke arah yang lebih baik lagi.
 
Pacaran adalah kasus yang masih menjadi berdebadan terutama oleh umat islam. Islam mengajarkan kita untuk tidak pacaran dan lebih dianjurkan untuk ta’aruf. Jadi apa pacaran itu boleh? Jawabannya adalah tergantung diri kita! Boleh pacaran asal pacaran yang bositif dan tidak mendatangkan kemudharatan. Oke guys, segitu aja artikel dari saya, semoga bermanfaat.

Mengungkap Ayam Bangkok Hitam Jergem

ayam bangkok hitam jergem

Mengungkap Ayam Bangkok Hitam Jergem - Dari sebagian bersar parah botoh atau penghobi ayam aduan terutama ayam Bangkok tak jarang dari mereka yang menyukai ayam Bangkok dengan warna bulu hitam jergem atau hitam mengkilat. Sebabnya penulis sangat terinspirasi untuk membuat tulisan tentang ayam Bangkok hitam jergem. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis selama menggeluti hobi ayam aduan dan ayam Bangkok hitam jergem merupakan salah satu favorit dari penulis sendiri. 

Memang sangat banyak dari para botoh menganggap bahwa ayam Bangkok hitam jergem bukanlah keturunan asli dari ayam Bangkok Thailand dan dianggap darah Bangkoknya sudah tercampur dengan ras ayam di Indonesia.  Akan tetapi faktanya tidak jarang dari ayam aduan berwarna hitam jergem mengang di glanggang, bahkan sering ditemui ayam ini mampu melesatkan pukulan mematikan.
 
Ayam Bangkok hitam jergem biasanya memiliki struktur tulangan yang bagus dan merupakan ayam tipe pukul. Sepanjang yang penulis temui kebanyakan yam banggkok hitam jergem hanya mengandalkan kekuatan pukulan dan bukanlah tipe ayam jalu (taji). 

Dari segi teknik permainan adalah tergolong ayam teknik kontrol. Ayam ini cenderung tidak terlalu rajin melesatkan pukulan, akan tetapi dari satu pukulan saja mampu membuat lawan kaget dan kemudian diikuti dengan pukulan seri berturut-turut.
 
Ayam Bangkok hitam jergem memiliki stamina dan tahan terhadap pukulan. Ini adalah kelebihan yang paling menonjol dari ayam ini, meskipun jarang melesatkan pukulan tapi ayam ini sangat tahan terhadap pukulan. 

Kemudian yang sering membawa kemenangan dari ayam Ayam Bangkok hitam jergem adalah gaya tarung yang sangat tenang dan full kontrol. Sangat lebih efektif apabila ayam ini memiliki pukulan KO, bukan tidak mungkin ayam ini dapat menumbangkan lawannya dengan cepat.
 
Ayam Bangkok hitam jergem memiliki warna bulu yang khas dan terlihat memiliki aura gagah perkasa. Dengan bulu yang mengkilat apabila tersinari matahari ayam ini memiliki kemistri yang luar biasa.
Mengenai tulisan Mengungkap Ayam Bangkok Hitam Jergem ini hanyalah sebatas dari pengalaman penulis dan mungkin saja dari para botoh ada yang sependapat atau tidak. Sebagai seorang penulis saya hanya mampu membuat tulisan dan perharap tulisan yang saya buat bisa menginspirasi para pembacanya. Salam para botoh Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat.

Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan Paling Jitu


Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan Paling Jitu

Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan - Sebagai botoh pastinya kita sangat mengidamkan memiliki ayam aduan yang memiliki pukulan keras (pukul KO), pukulan yang akurat dan pukulan super bagus. Dengan ayam yang memiliki pukulan yang bagus akan lebih memberikan peluang kemenangan saat bertanding. Pastinya ayam aduan yang memiliki pukulan yang baik akan memberikan efek negatif pada lawannya saat terkena pukulan.
Baca Juga:
Cara Jitu Mengobati Ayam Aduan Turun Urat
Manfaat Memandikan dan Menjemur Ayam

Akan tetapi, sebagai seorang botoh kita juga harus sadar bahwa kita hanya bisa meningkatkan dan melatih teknik pukulan ayam aduan kita. Pada dasarnya setiap ayam aduan memiliki teknik pukulan yang berbeda dan bervariasi, jadi selanjutnya tinggal kecakapan tangan dari sang pemilik (botoh) untuk melatih ayam aduan kesayangannya.

Lalu bagaimana teknik melatih pukulan ayam aduan yang bisa diterapkan? Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi tips tentang bagaimana teknik melatih pukulan ayam aduan, oke langsung saja ke pokok permasalahan.

Pelatihan dasar untuk membentuk otot-otot baru

Latihan ini bisa diterapkan pada ayam yang masih muda dan masih dalam pembentukan otot awal, yaitu ayam yang masih berusia 7-8 bulan dan kondisi ayam masih dalam pertumbuhan. Latihan ringan dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Lakukan pus up, jantur, dan peregangan. Pus Up bisa dilakuan dengan menekan bagian atas badan ayam ke bawah hingga ayam menyentuh tanah. Jantur bisa dilakukan dengan mengangkat kedua kaki ayam lalu diangkat ke atas dengan posisi kepala ayam ke bawah. Selanjutnya peregangan bisa dilakukan dengan memutar kepala ayam dan sayap ayam. Latihan-latihan ini dilakukan sesuai dengan kesanggupan dari ayam, apabila ayam kesayangan kita sudah kelihatan kelelahan latihan bisa dihentikan dan mengistirahatkannya.
  • Setelah ayam dilatih sesuai dengan latihan di atas, kemudian ayam bisa diistirahatkan sebentar dan selanjutnya dimandikan dan diumbar di halaman bebas.
  • Perlu diingat, dalam latihan ini sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena ayam masih dalam masa-masa pertumbuhan otot. Latihan dilakukan lebih kurang satu bulan maka akan terlihat perbedaannya pada ayam yang masih muda.


Latihan untuk meningkatkan kekuatan pukulan


  • Setelah sebelumnya dilakukan pelatihan dasar untuk membentuk otot-otot yang baru, selanjutnya adalah melakukan latihan untuk meningkatkan power (kekuatan) pukulan ayam. Pada tahap ini latihan harus dilakukan secara periodik dan tetap lakukan latihan-latihan seperti sebelumnya (pus up, jantur dan peregangan) dengan waktu yang lebih lama dibandingkan sebelumnya. Kemudian tambah dengan latihan-latihan sebagai berikut:
  • Untuk meningkatkan kekuatan pukulan ayam aduan bisa dengan latihan lompatan. Tujuan dari latihan lompatan adalah untuk memperkuat kuda-kuda dari si ayam. Caranya dengan memegang badan ayam dan mengangkatnya kira-kira setinggi lutut kemudian ayam dilepas, dengan begitu kaki ayam akan melatih menahan berat badan ayam dan ini sangat berguna karena pada dasarnya saat ayam memukul ayam akan melompat.
  • Melatih otot ayam dengan barbell. Seperti layaknya pemain tinju, ayam juga bisa dilatih dengan menggunakan barbell yang bisa anda dapatkan dengan membelinya. Banyak sekali dari para botoh yang menjadi agen penjual barbell dan anda bisa membelinya melalui mereka. Cara melatih dengan menggunakan barbell sangat beragam dan anda bisa mencobanya.
  • Selanjutnya melatih ayam dengan ayunan. Buatlah ayunan dengan menggunakan kayu atau bambu seperti layaknya pijakan pada kandang burung dan digantung menggunakan tali. Cara melakukannya ayam diletakan atau di tangkringkan pada bambu dan kemudian diayunkan. Dengan begitu akan melatih otot, keseimbangan dan akurasi pukulan dari ayam. 
  • Kemudian yang terakhir adalah latihan abar atau gebrak. Abar adalah latihan tarung dengan menggunakan dua ayam. Untuk latihan ini bisa dilakukan seminggu sekali dengan waktu yang disesuaikan dengan kesanggupan ayam 10-15 menit sudah cukup. Disamping untuk melatih otot, abar juga akan meningkatkan mental dan satamina (nafas) ayam juga meningkatkan teknik tarung ayam aduan. Untuk keamanan abar bisa dilakukan dengan bungkus jalu atau bungkus patok.

Nah begitulah lebih kurangnya teknik latiahan yang bisa para botoh gunakan untuk meningkatkan kekuatan pukulan ayam aduan. Setelah melakukan latihan-latihan di atas secara rutin pasti ayam aduan kesayangan kita akan mengalami kemajuan yang signifikan. Untuk memperoleh ayam aduan dengan kualitas super pasti perlu adanya ketekunan dan kesabaran. Semoga tulisan ini bermanfaat dan apabila terdapat kekurangan atau kesalahan harap dikoreksi.




Mengatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam


Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam

Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam - Setiap binatang pasti meliki alibi untuk bertahan hidup, begitu pula dengan ayam. Ayam yang baru menetetas akan berusaha mempertahankan hidupnya agar bisa berumur panjang dan tidak mati. Karena hal itu maka akan mucul sebuah persaingan antara anak ayam untuk saling bertahan hidup. 

Ayam adalah salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dapat menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak dalam satu periode. Kemudian setelah ayam menetas akan muncul naluri untuk bertahan hidup, seperti misalnya berebut makanan, berebut kekuasaan di kandang dan lain sebagainya yang kemudian akan menyebabkan akan ada anak ayam yang tereliminasi. 

Hal yang demikian akan berakibat buruk pada petumbuhan anak ayam dan kelangsungan hidup mereka. Bisa saja ayam yang kalah bersaing akan kekurangan makanan/gizi, bahakan bisa saja berakhir dengan kematian. Untuk itu, pada tulisan ini penulis akan berbagi tips untuk mengurangi risiko persaingan yang kemungkinan terjadi. 

Untuk Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam bisa dilakukan dengan cara:


Pemberian pakan secara maksimal

Biasanya ayam akan bersaing dalam hal memperebutkan makanan, karena itu sebagai peternak hendaklah mencukupi kebutuhan pakan ayam secara penuh dan tidak telat. Biasanya persaingan akan terlihat ketika ayam mulai berusia 2-3 minggu setelah menetas, jadi yang perlu dilakukan adalah mengusahakan anak ayam agar tidak mengalami mogok tumbuh atau telat tumbuh. Faktor utama yang memperlambat pertumbuhan ayam adalah akibat persaingan yang terjadi di dalam kandang itu sendiri. baca juga artikel Pakan Ayam Aduan Sesuai Usia

Pembatasan volume kandang

Pembatasan jumlah volume kandang adalah memperhitungkan jumlah anak ayam dalam sebuah kandang untuk mengurangi persaingan bertahan hidup anak ayam. Semakin banyak anak ayam dalam sebuah kandang maka akan menyebabkan terjadinya perebutan pakan. Sering sekali para botoh temui anak ayam yang menetas dalam waktu yang sama tapi pertumbuhannya tidak sama, ada ayam yang cepat besar dan sehat kemudian ada pula anak ayam yang lambat dan terlihat tidak sehat. Untuk itu langkah yang paling efektif dilakukan untung menghindari hal yang demikian adalah dengan membatasi volume kandang.

Melakukan pengelompokan

Dilakukan pengeompokan ini apabila dalam satu kandang anak ayam telah jelas terlihat perbedaan pertumbuhan antara satu ayam dengan yang lainnya. Sebaiknya anak ayam yang mengalami pertumbuhan yang lambat atau kalah bersaing dipindahkan ke kandang lain. Misalnya saja para botoh memiliki 6 anak ayam yang dicampurkan dalam satu kandang, tetapi hanya 3 anak ayam yang pertumbuhannya baik dan 3 sisahnya telat tumbuh. Dalam kasus ini sebaiknya tiga anak ayam yang mengalami telat pertumbuhan dipisah ke kandang lain agar tidak kalah bersaing dengan ayam yang sehat dan pastinya sudah memiliki ukuran tubuh yang besar karena menang dalam perebutan makanan (gizi).

Memisahkan anak ayam yang berebut kekuasaan

Menjelang usia dua sampai tiga bulan biasanya anak ayam terutama yang jantan akan memperebutkan kekuasaan di dalam kandang. Dalam merebutkan kekuasaan tak jarang anak ayam akan berkelahi satu sama lainnya. Dengan bertarung maka akan membuat pertumbuhan dari anak ayam menjadi terhambat, hal ini bisa disebabkan karena anak ayam yang bertarung akan mendapatkan luka dan bisa saja mati. Sebaiknya apabila sudah terlihat anak ayam yang mulai berkelahi sebaiknya dipisahkan juga.

Mungkin hanya itu saja tips yang dapat penulis berikan tentang bagaimana Megatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam. Mungkin dari pembaca ada yang bertanya “kenapa ini harus dilakukan?”, jawabannya adalah setiap botoh pastinya menginginkan anak ayam dengan pertumbuhan yang optimal. Bukankah saying sekali apabila anak ayam sampai telat dalam pertumbuhan, tentu saja akan berpengaruh saat ayam dewasa.






Ciri-ciri Ayam Siap Diadu

aya, siap diadu

Ciri-ciri Ayam Siap Diadu - Kesiapan ayam saat diadu adalah salah satu faktor penentu kemenangan. Sangatlah rugi apabila seorang botoh mengadu ayam yang masih dalam keadaan belum siap dan juga pastinya  akan berdampak buruk terhadap ayam adauan kesayangan mereka. Ayam yang belum siap bisa saja mengalami cedera saat diadu, kalah atau bahkan berakhir dengan kematian.

Dengan demikian perlulah sebagai botoh untuk mempersiapkan kondisi ayam secara matang sebelum diadu. Persiapan-persiapan bisa dilakukan dengan cara latihan secara rutin, meningkatkan teknik pukul, pernafasan, pemberian obat-obatan herbal, vitamin, jamu dan persiapan lainnya.
Baca Juga : Perawatan Wajib Ayam Aduan Setelah Diadu 

Tidak hanya itu, sebagai seorang botoh yang terpenting adalah tahu bagaimana saat ayam benar-benar siap untuk diadu atau turun gelanggang. Pada tulisan ini penulis akan memberi gambaran mengenai bagaimana ciri ayam yang sudah siap untuk diadu.

Ayam yang siap diadu biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Bentuk dan warna kulit ayam

Kondisi kulit ayam yang siap tarung adalah halus dan berwarna merah tua dan tidak terlihat pucat pada bagian muka, paha, dada, leher. Dalam hal ini kulit ayam dikatakan halus yaitu bentuk kulit megkilat layaknya diolesi dengan minyak sayur dan berwarna merah. Kemudian untuk mengamati kulit ayam bisa dilakukan setelah memandikan ayam aduan. untuk ayam yang belum siap biasanya kulit akan berwarna pucat dan terkadang cepat mengalami perubahan yang kadang-kadang pucat dan kemudian merah. 

Bulu yang mengkilat

Biasanya para botoh senior juga menggunakan keadaan bulu untuk menjadi pertimbangan tolak ukur ayam yang siap diadu. Tapi menurut penulis setuju dengan hal ini, faktanya ayam yang kurang fit/kurang sehat bulunya akan cenderung terlihat kusam dan kumal. Ayam yang bulunya mengkilat juga akan lebih terlihat berwibawa dan gagah, tidak hanya itu tingginya vitalitas ayam diikuti dengan ciri bulu yang terlihat mengkilat.

Sikap agresif 

Ayam aduan yang siap tarung akan lebih terlihat agresif dan cepat sekali panas. Sikap agresif tersebut biasanya ditunjukan kepada ayam-ayam disekitarnya dan keinginan untuk memukul ayam lain. Untuk menguji keagresifan dari ayam aduan bisa dengan mengurung ayam di dalam kandang dan kemudian dalam waktu yang bersamaan anda mengumbar ayam jantan lain di hadapanya. Ayam yang agresif akan terlihat sangat marah dan seolah-olah mengamuk ingin keluar dari kandang dengan melompat-lompat mendobrak kandang. Untuk ayam yang belum fit keagresifannya hanya dalam batas normal saja. 

Kondisi stamina ayam

Stamina atau biasa dikenal dengan “Nafas” ayam merupakan penentu dari kesiapan ayam aduan. Ayam yang siap diadu harus memiliki stamina yang bagus agar bisa tahan bahakan sampai waktu setengah jam atau satu jam lebih. Untuk mengetahui kesiapan stamina (nafas) ayam aduan bisa dilakukan dengan mengabar atau latihan tarung. Abar bisa dilakukan selama satu ronde atau dengan kisaran waktu 15-20 menit. Jika ayam mampu bertahan selama waktu tersebut dan pukulan yang dilesatkan ayam masih akurat berarti ayam bisa dikatakan siap tarung jika belum maka ayam masih butuh perawatan lagi untuk beberapa waktu hingga ayam benar-benar siap.

Mental

Mental adalah keberanian dari ayam aduan untuk menghadipi lawanya. Mental sangat penting sekali dalam menentukan kelangsungan pertarungan. Kasus kegagalan mental ini biasa terjadi pada ayam yang masih berumur muda dan masih pilih-pilih lawan. Sangat mengecewakan apabila semuanya sudah siap tapi ayam malah lari atau tidak mau melanjutkan pertarungan karena lemah mental yang tentu saja ayam aduan kita langsung kalah. Untuk itu, saran dari saya sebaiknya mempersiapkan mental ayam sebelum diadu. Melatih mental ayam aduan bisa dengan cara abar dengan lawan yang berbeda secara berkala dengan tujuan ayam tidak kaget saat bertanding karena sudah memiliki banyak pengalaman.
  • Baca Juga: 
Pada dasarnya semua kegiatan adalah proses untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, persiapan yang matang adalah kunci dari keberhasilan dan juga untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi. Sekian dari tulisan ini saya buat dan apabila ada kekurangan atau kesalahan harap dikoreksi.

Metode Penyemaian Biji Cabe Untuk Menghasilkan Bibit Kualitas Unggul

Metode Penyemaian Biji Cabe Untuk Menghasilkan Bibit Kualitas Unggul - Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas tentang Panduan Tani Cabe Rawit Hasil Melimpah dan sedikit menyinggung mengenai metode penyemaian. Akan tetapi pada tulisan sebelumnya  admin hanya membahas sekilas mengenai metode penyemaian tradisional. Pada artikel ini admin akan membahas lebih rinci mengenai metode penyemaian cabe yakni adalah metode penyemaian menggunakan polybag, metode penyemaian steril pro dan metode penyemaian gelintir.
Penyemaian Biji Cabe
Picture by Aak Kenzo (Komunitas Petani Cabe Indonesia)
Secara pengertian penyemaian dapat diartikan menyemaikan benih, menumbuhkan biji jadi benih untuk di pindah ketempat penanaman. Contohnya penyemaian benih cabai dari biji dan kemudian setelah siap tanam cabai dipindah kelahan terbuka. Tujuan utama dari penyemaian adalah untuk menghemat bibit dan menghindari risiko bibit mati sebelum ditanam. Artinya dengan penyemaian petani akan lebih mendapat keuntungan, yaitu memudahkan untuk merawat benih, bisa selalu mengontrol pertumbuhan benih dan yang terpenting benih bisa tumbuh dengan baik saat akan dipindahkan ke lahan terbuka.

Berikut ini adalah metode penyemaian yang bisa digunakan:
Metode Penyemaian Dengan Polybag
Sistem tanam menggunakan polybag ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Saat ini tidak hanya para petani yang bisa melakukannya, banyak sekali orang-orang non petani yang berhasil melakukan budidaya tanaman dengan menggunakan polybag, baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun untuk dijual. Tetapi yang perlu digaris bawahi yaitu kata budidaya dan penyemaian, jika budidaya berarti tanaman memang benar-benar ditanam pada polybag dari biji hingga proses panen dan sedangkan penyemaian berarti tanaman masih akan dipindah ke lahan terbuka untuk pembesaran hingga pemanenan. Jadi tentu ukuran polybag atau plastik polybag untuk penyemaian berbeda dengan polybag untuk budidaya. 
Penyemaian dengan menggunakan polybag merupakan metode yang cukup sederhana dan memiliki banyak sekali keuntungan, yaitu:
  1. Penyemaian menggunakan polybag bisa dilakaukan dimanapun, anda bisa menyemai menggunakan polybag di rumah atau di tempat-tempat di sekitar perumahan.
  2. Risiko kematian bibit sangat kecil, karena tidak mudah terserang hama dan penyakit.
  3. Sangat mudah untuk memonitoring tanaman pada polybag dan juga perawatannya lebih simpel.
  4. Tanaman yang disemai dengan menggunakan polybag tidak mudah mati saat dipindah kelahan terbuka, dengan kata lain tanaman bisa langsung hidup saat tahap pemindahan. 
  5. Akan lebih mudah untuk mengatasi bibit yang gagal tumbuh dengan metode semai polybag dengan langsung mengganti biji tanaman yang tidak tumbbuh.

Kekurang metode semai menggunakan polybag:
  1. Dari segi biaya, penyemaian dengan polybag lebih mahal dibandingkan dengan penyemaian tradisional.
  2. Benih yang disemai pada polybag tidak bisa terlalu banyak. Misalnya satu polybag hanya bisa untuk menyemai satu atau dua biji tanaman saja, jadi apabila ingin menyemai hingga ribuan benih metode ini akan menghabiskan banyak biaya dan juga lahan.  
 
Metode Penyemaian Steril Pro
Metode ini adalah salah satu metode penyemaian yang paling sering digunakan oleh para petani seluruh penjuru dunian. Kalau menurut admin  metode ini adalah “metode awal”, jadi teknik ini masih memerlukan metode penyemaian yang lainnya untuk dapat dilakukan. Jadi dengan kata lain metode penyemaian steril pro adalah metode pendukung yang tujuannya untuk mempercepat tumbuhnya tanaman.
Kelebihan metode penyemaian steril pro:
  1. Bisa mengetahui biji yang rusak atau tidak layak ditanam dengan menggunakan metode steril pro.
  2. Merupakan terobosan baru dalam bidang pertanian modern.
  3. Memungkinkan tanaman yang disemai dengan metode ini dapat tumbuh secara serentak.
  4. Meminimalisir kemungkinan bibit tidak tumbuh.

Kekurangan metode penyemaian steril pro:
  1. Proses pensterilan yang cukup rumit dan mungkin sulit untuk dilakukan bagi yang masih awam menggunakan metode semai ini.
  2. Masih membutuhkan metode penyemaian lain, misal metode penyemaian steril pro masih harus didukung dengan penyemaian polybag.

Metode Penyemaian Gelintir
Metode penyemaian gelintir ini merupakan metode yang sangat baru, dan metode ini sebenarnya belum pernah admin praktekan secara langsung. Jadi mengapa admin memasukan metode gelintir pada artikel ini? Tujuannya hanya sekedar sharing informasi dan menambah wawasan bagi pembaca. Terlebih lagi admin belum pernah mempraktekannya dalam sekala besar, jadi belum bisa menyimpulkan kelebihan dan kekurangan metode ini.
Teknik semai ini memang bisa dilakukan dengan mudah dan biaya yang tidak terlalu besar. Teknik semai ini tidak memerlukan media tanam seperti pot atau polybag dan memang layaknya hanya seperti penyemaian tradisional. Akan tetapi cara peletakan bibit/biji tanaman sangat berbeda dengan enyemaian tradisional.

Pastinya dari ketiga metode penyeemaian yang dijelaskan di atas memiliki kelibihan dan kekurang masing-masing dan perlu diingat bahwa setiap petani memiliki teknik, metode dan cara-caranya tersendiri dalam menyemai tanaman cabai rawit ataupun cabai besar.
Untuk tulisan ini, apabila ada kesalahan dan ketidak sesuaian kami mohon maaf dan apabila terdapat kekurangan bisa dikoreksi dan ditanggapi dengan berkomentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Tips Jitu Untuk Menarik Pengikut Social Media

Tips Jitu Untuk Menarik Pengikut Social Media Memilki banyak followers atau pengikut di media sosial adalah sebuah kebanggaan tersendiri untuk diri kita. Pengikut media sosial menunjukkan bahwa orang-orang yang tertarik kepada anda, tulisan anda dan apa yang anda katakan. Dengan memiliki banyak pengikut pastinya akan memiliki banyak keuntungan, bukan hanya sekedar membaca konten yang dibuat, tetapi pengikut diharapkan memiliki potensi untuk membeli sebuah produk dan jasa yang dibuat. 
Pengikut Social Media
Penjelasan di atas adalah pengikut dilihat dari kacamata bisnis. Lalu bagaimana pengikut yang bertujuan untuk mendapatkan pengunjung blog/website dan memungkinkan mengklik ikan PPC pada blog kita? Bagi para blogger dan publizer, harapan terbesar dari mereka adalah dimana pengunjung akan berkunjung dan mengklik iklan pada website/blognya. Anda ingin pengikut yang berpotensi akan mengunjungi website anda dan mengklik iklan? , berbagi konten, berpartisipasi dalam percakapan, dan menjawab panggilan Anda untuk bertindak. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana untuk menarik mereka.

Berikut adalah tips jitu untuk menarik pengikut sosial media:

Mengidentifikasi Personal Target

Personal target adalah orang-orang yang paling mungkin dan berpotensi mengunjungi website dan mengklik iklan. Akan tetapi, mengetahuinya saja belum cukup. Anda harus membagi mereka ke dalam kelompok demografis, dan juga belajar tentang perilaku mereka secara online, apa yang mereka peduli, apa kepentingan mereka, dan kemungkinan bahwa Anda dapat mencapai mereka. Akhirnya, jika Anda dapat mengidentifikasi kelompok yang akan mendapat manfaat dari konten yang anda buat. Mereka yang merasa senang dan merasa puas dengan konten yang disajikan, memungkinkan akan membuat mereka kembali lagi berkunjung ke website anda di lain waktu.

Pilih Hak Social Media Platform

Bagi seorang blogger media sosial adalah tempat yang paling berguna untuk menarik pengunjung dan meningkatkan traffic blog. Untuk itu, pemilihan platform media sosial sangat penting. Pertama, Anda ingin memastikan bahwa Anda berfokus pada platform di mana pelanggan dan pengikut (calon pengunjung) potensial yang aktif. Kemudian, Anda ingin memilih platform yang paling cocok untuk bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memilik blog yang memiliki niche tentang kesehatan, Anda mungkin ingin fokus berat facebook, twitter, instragram dan google+. Akhirnya, Anda ingin membatasi jejak media sosial Anda, sesuai dengan waktu dan tenaga Anda harus berpartisipasi aktif pada setiap platform media sosial.

Melakukan penilaian terhadap website pesaing

Anda sudah memperhatikan apa yang dilakukan pesaing Anda berkaitan dengan aspek-aspek lain dari konten dan cara periklanan. jaringan sosial tidak berbeda. Mengintip di halaman media sosial mereka untuk mendapatkan pengunjung dari kampanye mereka berjalan dan apa yang dilakukan dan tidak tampaknya akan bekerja untuk mereka. Anda tentu tidak ingin membuat salinan (duplikasi) dari apa yang mereka lakukan benar?, tetapi Anda pasti bisa mendapatkan wawasan yang bermanfaat. Anda bahkan dapat mengidentifikasi beberapa personal pelanggan bahwa yang belum teridentifikasi. 


Buat Kampanye untuk calon pengikut

Pertimbangkan untuk membagi upaya media sosial Anda ke dalam dua kategori. Kategori pertama adalah semua tentang konsistensi dan kehadiran. Hal ini menguntungkan pengikut Anda dengan konten yang mereka ingin lihat secara konsisten dan teratur . Bagian lain dari upaya media sosial Anda harus dalam bentuk kampanye laser yang terfokus yang menargetkan personas pelanggan (pengikut) tertentu untuk mengikuti, berbagi, terlibat, dan mengkonversi. Contohnya misal anda memiliki blog tentang kesehatan, jadi disini yang ditargetkan adalah orang-orang yang mungkin berinteraksi dan kemungkinan membagikan konten yang anda buat.

Tetap konsisten meskipun mereka bukan pengikut potensial

Bahkan jika mereka saat ini tidak target kampanye pemasaran aktif, pengikut dan pengikut potensial masih berharga untuk Anda. Membuat mereka senang dan membangun kepercayaan dengan mereka dengan menjadi sumber yang konsisten dan dapat diandalkan disesuaikan, konten yang relevan. Tidak seperti kampanye promosi Anda, konten Anda melepaskan seluruh siklus yang berkelanjutan harus diversifikasi. Ini harus menargetkan berbagai personal dan fokus pada berbagai jenis dan format. 

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik Dari Biji Hingga Panen

Cara Menanam Cabe Rawit
Pada tulisan ini admin membahas secara lengkap tentang panduan dan cara tani cabe rawit dari biji hingga panen. kemudian yang dibahas adalah pembibitan cabe rawit, cara penyemaian cabe rawit, kemudian persiapan lahan atau media tanam, Perawatan Cabai Rawit di Lahan Terbuka Hingga Panen, Pengendalian Hama dan Penyakit cabe rawit.

Pembibitan Cabai Rawit

Untuk bertani cabai rawit yang pertama harus dilakukan adalah pembibitan. Pembibitan dapat diartikan sebagai sebuah  kegiatan yang dimana tujuan utamanya untuk mendapatkan bahan tanaman baru (bibit) guna perbanyakan tanaman untuk kebutuhan hidup manusia. Pembibitan adalah langkah awal yang sangat mempengaruhi keberhasilan seorang petani dalam melaksanakan budidaya tanaman.

Banyak sekali dari para petani cabai yang gagal gara-gara kesalahan dalam pembibitan. Misalnya bibit atau benih tidak tumbuh, tunas yang baru muncul dimakan hewan (hama), tunas layu bahkan tunas yang tumbuh tidak normal. Tentu saja hal ini bisa sangat merugikan petani cabai rawit.

Dilihat dari pembibitan ternyata masih banyak sekali mengalami kendala, maka sebaiknya gunakanlah bibit (benih) yang berkualitas baik, tentunya tidaklah sulit untuk mendapatkan bibit cabai rawit unggul bahkan bisa membuatnya sendiri. 

Berikut saya akan berbagi tips dan cara membuat bibit cabai:

1. mengamati tanaman cabai yang bagus.


Untuk mendapatkan bibit (benih) unggul yang harus dilakukan adalah pengamatan. Kemudian bagian penting yang harus dilihat adalah batang cabai dengan buah yang lebat, keadaan batang yang kuat dan tiding mudah terserang penyakit.  Pada dasarnya pertanian tidak jauh berbeda dengan peternakan dimana faktor keturunan sangat berpengaruh. 

2. proses pembuatan bibit

Setelah menemukan tanaman cabai yang akan dijadikan sebagai bibit selanjutnya adalah menunggu buah cabai hingga tua atau merah. Setelah cabai sudah merah berarti sudah bisa digunakan sebagai bibit dengan cara mengeluarkan biji cabai dari buah, bisa dengan disayat atau ditumbuk dan usahakan biji jangan sampai hancur, kemudian rendam biji cabai di dalam air dan buang biji cabai yang  mengambang di permukaan air karena itu kurang bagus. Proses terakhir adalah penjemuran, keringkan biji cabai dan usahakan jangan di bawah terik matahari yang terlalu panas.

3. Penyimpanan bibit

Setelah bibit (benih) cabai sudah kering dijemur, usahakan penyimpanan bibit cabai pada suhu udara yang normal, tidak lembab dan kering. Bungkus biji cabai secara rapat untuk mengurangi risiko bibit rusak sebelum disemai. Bibit cabai buatan sendiri bisa bertahan cukup lama dan bahkan bisa bertahan dalam penyimpanan hingga tahunnan. 

Itulah sedikit ulasan dari saya mengenai pembibitan tanaman cabai, perlu diketahui bahwa pembibitan tanaman cabai rawit dan cabai merah tidaklah berbeda. Jadi anda juga bisa menerapkan metode pembibitan ini untuk cabai merah. 

Penyemaian Cabai Rawit

Penyemaian adalah proses dimana benih atau bibit ditanam pada sebuah media tanam dengan tujan tertentu. Tujuan yang paling utama dari penyemaian adalah untuk pertumbuhan bibit yang maksimal, agar lebih mudah melakukan pemeliharaan dan mudah untuk melakukan pengawasan pada bibit. Jadi intinya penyemaian dilakukan untuk mengurangi risiko gagal tanam.
cara menyemai biji cabai


Selanjutnya adalah metode penyemaian. Saat ini metode penyemaian yang bisa dipakai sangatlah beragam seperti metode penyemaian tradisional, metode semai gelintir,semai steril pro dan masih banyak lagi. Untuk petani yang memiliki luas lahan yang memadai bisa menggunakan metode penyemaian tradisional sedangkan untuk yang keterbatasan lahan bisa menggunakan metode lainnya. Penyemaian tradisional bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • membuat bedengan sesuai dengan jumlah benih/bibit yang akan ditanam. 
  • setelah bedengan siap kemudian berikan tambahkan pupuk secukupnya pupuk kandang lebih baik untuk digunakan, usahakan jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan bibit tidak tumbuh (gosong). 
  • hancurkan tanah pada bagian atas bedengan hingga bercampur dengan pupuk secara merata, kemudian tanah dalam keadaan hancur halus dan rata (artinya tanah yang digunakan adalah tanah yang halus dan tidak ada tanah yang menonjol). 
  • kemudian tanah bisa dibiarkan selama satu hari agar pupuk dan tanah dalam keadaan netral atau dengan kata lain mendinginkan suhu pupuk.  
  • keesokan harinya baru bisa melakuan penyemaian benih, sebaiknya sebelum disemai benih direndam sekitar 2-3 jam untuk merangsang pertumbuhan benih.  
  • selanjutnya garis permukaan bedengan dengan menggunakan bambu/semacamnya untuk meletakan benih(usahakan jarak jangan terlalu rapat). Setelah tergaris rapi kemudian taburkan benih pada lubang-lubang akibat garisan yang dibuat sebelumnya. 
  • tutup bekas garisan yang sudah terisi dengan benih  dengan menggunakan tanah. 
  • lalu tutup permukaan bedengan dengan menggunakan jerami atau karung untuk menghindari terik matahari yang menyengat. 
  • setelah 3-5 hari biji cabai akan bertunas. Setelah itu buka jerami yang menutupi permukaan bedengan dan kemudian diganti dengan atap plastik. Atap plastik bertujuan untuk menghalangi terik matahari dan hujan yang lebat karena bisa mengganggu tuas cabai yang baru akan tumbuh. Atap plastik sebaiknya diberi jarak antara 40-50 cm dari permukaan bedengan.  
  • terakhir adalah perawatan tanaman saat penyemaian. Lakukan peyiraman secara ritin dan pengendalian hama dan penyakit secara bertahap hingga tanaman cabai siap dipindah kelahan budidaya.
  • Metode penyemaian tradisional ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh masyarakat petani di Indonesia karena cukup simpel dan biaya tidak terlalu besar. 


Penyiapan Lahan Tanam Cabai

Sebelumnya sudah dilakukan penyemain bibit cabe, untuk selanjutnya sambil menunggu bibit cabai menjelang usia tanam yang harus disiapkan adalah Lahan atau tempat pembesaran tanaman cabai. Pastikan jumlah bibit (benih) cabai yang disemai sesuai dengan jumlah lahan yang tersedia. Bagian terberat dari bertani adalah tahap pembuatan lahan, karena memakan waktu dan tenaga yang lumayan banyak.
Penyiapan Lahan Tanam Cabai


Pembuatan Lahan

Secara garis besar panduan membuat lahan tanam adalah sebagai berikut:
  • Pembuatan Bedengan
  • buat bedengan dengan ukuran kira-kira panjang 10m, lebar 100 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak parit antara bedengan 40 cm
  • bedengan pertama-tama dibuat dengan tinggi 30 cm. selantunya tambahkan pupuk berupa pupuk kandang, pupuk kimia (NPK,Urea, atau sejenisnya). Apabila kadar keasaman tanah tinggi, anda bisa menggunakan tambahan bubuk kapur untuk menetralkannya. Kemudian gunakan pupuk kira-kira dengan dosis 50 kg per 10 meter.
  • setelah pupuk sudah dibagikan selanjutnya adalah menimbun permukaan bedengan dengan tanah agar pupuk tertutup dan usahakan timbunan jangan terlalu tebal lalu kemudian diratakan sebelum dipasang plastk mulsa. 
  • pastnya proses penyiapan bedengan akan memakan waktu cukup lama.


Menggunakan Mulsa

Anda bisa saja tidak menggunakan mulsa, tapi saya sarankan untuk menggunakannya karena akan menambah produktivitas tanaman dan memudahkan perawatan tanaman. Keunggulan menggunakan plastik mulsa diantaranya adalah memudahkan proses perawatan tanaman, tanaman terhindar dari Gulma atau ruput-rumput liar, menetralkan suhu tanah, meminimalkan serangan hama seperti thrips, tungau, ulat, aphid dan lain-lain. Berikut adalah panduan memasang plastik mulsa untuk tanaman cabai:
Bahan dan Alat-alat yang perlu disiapkan
  • plastik mulsa (bisa ukuran lebar 1 m atau 1,2 m) 
  • penjepit mulsa, bisa menggunakan bambu atau yang lainnya. 

Cara memasang plastik mulsa 
  • proses pemasangan plastic mulsa sebaiknya dilakukan oleh dua orang atau lebih. 
  • usahakan mulsa dipasang pada saat terik matahari (panas) agar mulsa bisa terpasang dengan kencang dan pas. 
  • tarik kedua ujung mulsa hingga plastic mulsa menjadi melar dan metutupi seluruh permukaan bedengan, mulsa yang berwarna silver di bagian atas dan warna hitam di bagian bawah. 
  • selanjutnya gunakan penjepit mulsa dengan kencang agar mulsa kuat dan tidak rusak saat terkena angin kuat.  
  • setelah mulsa terpasang kemudian selanjutnya mulsa diberi lubang dengan jarak 30-45 cm. lubang ini berguna untuk menanam cabai yang akan dipindahkan dari persemaian. 
    memasang mulsa


Perawatan Cabai Rawit Pasca Penyemaian

Setelah proses penyemaian dan penyiapan lahan lebih kurang dalam waktu satu bulan, tanaman cabai siap dipindahkan ke lahan pembesaran. Apabila proses penyemaian dilakaukan dengan perawatan yang maksimal maka bibit cabai sudah siap untuk dibesarkan. 

Pemindahan tanaman cabai di lahan terbuka

  • pemindahan sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Tujuannya untuk menghindari terik matahari yang terlalu menyengat.
  • pemindahan dilakukan apabila keadaan tanah tidak kering, yaitu setelah terjadi hujan untuk menghindari tanaman mati setelah ditanam. 
  • usahakan akar pada bibit saat ditanam tidak tertekuk atau baengok. 
  • setelah cabai tertanam kemudian berikan pelet yang sudah dicampur dengan iksektisida bubuk seperti lanet, marssal dan sejenisnya untuk pengendalian hama pasca tanam. 


Perawatan Cabai Rawit di Lahan Terbuka Hingga Panen

  • lakukan pengendalian hama dan penyakit secara rutin dengan penyemprotan insektisida, fungisida dan penambahan pupuk pada tanaman cabai rawit.
  • penyemprotan bisa dilakukan seminggu dua kali atau seseuai kebutuhan. 
  • apabila tanaman cabai sudah terserang hama dan penyakit harus mengambil langkah tegas dan cepat diobati dan dikendalikan.  
  • penambahan pupuk setelah pertengahan waktu tanam. Sebaiknya pupuk kembali ditambahkan setelah cabai mulai berbunga bisa dengan Urea, NPK, pupuk cair dan pupuk-pupuk kimia lain. 
  • setelah cabai berbuah semprot dengan perangsang buah. 


Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama

  • Ulat Grayak, ulat grayak menyerang bagian daun tanaman dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Cara penanggulangan bisa secara manual dengan diambil atau bisa juga menggunakan insektisida. 
  • Tungau, tungau akan menyerang bagian daun tanaman dan menyebabkan daun menjadi keriting. Cara penanggulangan bisa dengan menyemprotkan akarisida dan insektisida. 
  • Kutu Daun, menyerang bagian daun tanaman dan berakibat daun keriting yang kemudian akan memicu jamur dan cendawan pada daun. Cara pengendaliannya dengan insektisida yang mengandung bahan fipronil. 
  • Lalat Buah, menyebabkan kerusakan buah, buah akan busuk. Cara pengendaliannya dengan menyemprotkan isektisida atau dengan perangsang lalat buah seperti Atraktan. 
  • Trips (thrips), menyebabkan dan cabai menjadi kuning dan berbercak. Cara pengendalian dengan menyemprotkan insektisida.


Pengendalian Penyakit

  • Daun Keriting Mozaic, ciri-ciri Kerdil, warna daun belang-belang hijau tua-muda, ukuran daun lebih kecil, tulang daun akan berubah menguning. Cara pengendaliannya dengan mencabut cabai yang sudah terserang penyakit mosaic ini atau dengan penyemrotan Insektisida. 
  • Bule (virus kuning) karena virus Gemini yang terbawa dari benih atau ditularkan kutu, Sulit dilakukan, paling hanya dengan membasmi kutu pembawa virusnya dengan Insectisida 
  • Cendawan Fusarium sp, Verticilium sp  & Pellicularia sp Bakteri Pseudomonas solanacearum, ciri-ciri Layu dan mati. Cara pengendaliannya adalah dengan  memusnakan tanaman agar tidak menular.  
  • Busuk Cabang dan Busuk Kuncup disebabkan oleh Phytophthora capsici, ciri-ciri Kuncup berwarna hitam & akhirnya mati. Cara pengendalian dengan fungisida,  pilih yang memiliki perekat. 
  • Patek atau antraknosa,  karena cendawan Colletotrichum gloeosporioides yang dibawa sejak benih, ciri-ciri mati pucuk, daun dan batang busuk kering. Buah akan menjadi busuk seperti terbakar, gunakan fungisida. 


Tahap Pemenenan Cabai Rawit

Cabai rawit yang berusia lebih kurang 3 bulan semenjak ditanam di lahan terbuka biasanya sudah berbuah dan siap untuk dilakukan pemanenan. Cabai rawit bisa dipanen dalam waktu seminggu sekali, sebaiknya cabai rawit dipanen dengan selang waktu 10 hari agar buah cabai sudah benar-benar padat dan memiliki berat yang bagus. Sedangkan untuk cabai rawit yang inin dipanen saat merah waktunya akan lebih panjang dan menunggu hingga cabai rawit menjadi merah.

Untuk pemanenan cabai rawit saya rasa tidak perlu ada pembahasan khusus karena pastinya pembaca sudah paham dan mengetahui bagaimana cara memanennya. Dan yang terpenting adalah perawatan dan pengendalian masih harus rutin dilakukan walaupun cabai sudah masuk usia panan, karena tidak menuntut kemungkinan bisa rusak karena hama dan penyakit. 

Sekian dulu artikel ini saya buat, apabila ada kesalahan dalam penulisan harap maklumi dan apabila ada yang tidak sesuai dari tulisan ini bisa dikoreksi pada kolom komentar di bawah. Terimakasih dan salam sukses petani Indonesia semoga menjadi lebih baik lagi.

Sumber Gambar: 
Dokumentasi Admin dan group facebook Petani Cabe Indonesia. 

Pembahasan Cabai Rawit


Pembahasan Cabai Rawit - Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidaklah asing apabila mendengar sebutan cabai rawit. Cabai rawit sudah bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia, hampir semua orang menyukai cabai yang merupakan salah satu komoditas sayuran ini dan terlebih lagi cabai memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dibandingkan dengan sayuran-sayuran lainnya. sebenarnya Budidaya Cabe Rawit sangatlah menjanjikan dan mungkin bisa mengangkat perekonomian petani.

Benua Amerika adalah dimana tanaman cabai pertama kali dikembangkan terutama di Negara Colombia hingga menyebar ke Amerika Latin lalu hingga mendunia. Cabai masuk ke Indonesia pada awalnya di bawa oleh para pedagang yang berasal dari Negara Spanyol dan Portugis. Sebenarnya terdapat lebih dari 20 jenis cabai yang kebanyakan hidup di benua amerika, tapi sangat disayangkan hanya sedikit dari jenis cabai itu yang terdapat di Indonesia.

Di Indonesia sendiri produktivitas cabai masih sangatlah kurang bahkan terkadang bisa dikatakan sangat buruk. Melihat dari masalah yang telah dijelaskan di atas bahwa produktivitas cabai rawit di Indonesia masih sangat lemah bisa saja menjadi peluang bagi para petani cabai untuk menjadi lebih baik lagi. Bukan hanya masyarakat lokal yang membutuhkan cabai, bahkan masyarakat internasional menganggap bahwa terpenuhinya kebutuhan cabai adalah hal yang harus diwujudkan. 

Rendahnya produktivitas cabai baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu varietas tanaman cabai, kondisi geografis, teknik budidaya, dan organisme pengganggu tanaman.  

Jadi untuk kedepannya, sebagai petani cabai langkah yang harus di benahi adalah:
1. Varietas Tanaman Cabai Rawit
Varietas adalah sekelompok tanaman dari suatu jenis atau spesies yang ditandai oleh bentuk dan pertumbuhan tanaman, daun, bunga, buah, biji, dan ekspresi karakter atau kombinasi genotype yang dapat membedakan dengan jenis atau spesies yang sama oleh sekurang-kurangnya satu sifat yang menentukan dan apabila diperbanyak tidak mengalami pertumbuhan.
Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali varietas dari cabai rawit yang bisa dikembangkan tentunya dengan nama, kelebihan, kelemahan dan keunikan masing-masing, misalnya Nirmala, Santika, Sonar, Cakra Hijau dan masih banyak lagi. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah bagaimana cara dari para petani dan orang-orang yang terkait dengan kegiatan pertanian bisa berupaya untuk meningkatkan produktivitas cabai rawit.

2. Kondisi Geografis
Keadaan suatu tempat sangat mempengaruhi proses tumbuh kembang dari tanaman. Akan tetapi kita ketahui bahwa Indonesia mempunya iklim tropis dan sangan bagus untuk pertanian, terlebih lagi sudah banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa cabai rawit cocok atau bisa dibudiayakan di Indonesia.

3. Teknik Budidaya
Teknik budidaya tanaman merupakan proses menghasilkan bahan pangan dan Kekurangan pangan seolah olah sudah menjadi persoalan akrab dengan manusia. Dengan kata lain teknik budidaya adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan hasil tanam yang bagus. Teknik budidaya yang baik akan mendapatkan hasil yang melimpah. Tapi sudahkah itu terealisasi? Sepertinya masih kurang, kita lihat saja saat ini teknik pertanian Negara kita masih tertinggal dengan Negara-negara maju seperti Jepang, Singapura yang bahkan hanya memiliki lahan yang terbatas. Untuk itu ini adalah PR bagi generasi penerus Indonesia.

4. Organisme Pengganggu Tanaman
Kita biasa mengenalnya denga hama-penyakit.  Hama adalah binatang atau hewan yang merusak dan mengganggu tanaman peliharaan, sedangkan penyakit adalah kerusakan pada tanaman yang diakibatkan karena iklim, cuaca, virus dan lain-lain. Pengendalian organisme pengganggu tanaman di Indonesia masih membutuhkan biaya yang sangat mahal. Kenapa begitu? Hal itu sangat dirasakan oleh petani yang kebingungan dalam pengendalian tanaman yang membutuhkan biaya yang sangat tinggi (pupuk, obat, sarana-prasaran dll) yang bahkan tidak sesuai dengan hasil mereka ketika gagal panen.

Sebearnya Negeri kita adalah negeri yang makmur. Dalam pengembangan dan pembudidayaan demi meningkatkan produktivitas cabe rawit di Indonesia bukan hanya sekedar menanam sesuai dengan keadaan yang ada. Karena kita harus mempertimbangkan dan bisa mengetahui hal-hal yang munkin terjadi dalam proses pengembangan budidaya cabe rawit tersebut. Baik dalam hal biaya maupun kemampuan dalam mengolah cabe rawit tersebut.


Cara Memperbanyak Like Facebook Sampai Ribuan

Like Facebook
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik atau cara memperbanyak like status dan foto facebok dengan cara yang mudah dan pastinya aman. “Untuk apa mendapatkan banyak like ?” ya memang sampai sekarang saya sendiri belum bisa menjawab pertanyaan tersebut. Hehe, yang terpenting memiliki banyak like merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pengguna facebook. Like facebook bisa di dapatkan dengan berbagai cara antara lain ada yang menggunakan aplikasi auto like, boot dan sebagainya. Tetapi saya hanya membagikan petunjuk yang menggunakan jasa jempolers saja, memang cara ini tidaklah instan tetapi cara ini sangatlah aman di bandingkan dengan cara lain. Sebenarnya saya sudah tau trik ini dari 2010an dan munkin cara ini sudah di bilang basi :D , tapi gak masalah, sampai saat ini yang namanya jempolers gak ada matinya dan terlebih lagi saat ini facebook sudah banyak dijadikan sebagai lahan bisnis penggunanya.

Bagi yang belum tau jempolers pasti dari tadi bingung dan bertanya-tanya “apaan sih jempolers?”. Oke saya akan sedikit menjelaskan tentang jempolers. Jempolers adalah sekelompok pengguna facebook yang sukanya tukar menukar jempol (like maksutnya). Orang-orang ini rajin mampir ke status-status public pengguna facebook untuk saling menyapa dan bertukar like. Untuk lebih detailnya sobat bisa mengikuti cara-cara sebagai berikut:
1.    Pertama-tama pastikan anda memiliki akun Facebook, jika belum pastikan anda mendaftar facebook.
2.    Selanjtnya login ke akun Facebook anda,
3.    Lalu Masuk menu pengaturan & privasi 
4.    Pilih privasi, selanjutnya ubah “siapa yang dapat melihat kiriman anda selanjutnya” menjadi Publik. (kita bisa merubah privasi ke publik jika hanya kita sudah berusia lebih dari 18 tahun), Bisa di lihat pada gambar:
Like Facebook
gambar setingan privasi facebook
5.    Masih di menu privasi, rubah semua yang terdapat di privasi menjadi semua orang atau Publik.
6.    Langkah selanjutnya adalah masuk ke pengaturan Pengikut dan merubah “ Yang dapat mengikuti saya”. Dan juga merubah “Siapa yang dapat mengomentari kiriman publik anda?” ke pengaturan Publik.  Tahap pengaturan akun sudah selesai. Lihat juga gambar:
Like Facebook
Pengaturan Pengikut Facebook
7.    Langkah selanjutnya adalah mencari akun jempolers, dan mulai bermain menjadi jempolers.
8.    Selanjutnya cari akun jempolers dan Like dan Komen pada Foto atau status mereka, dengan begitu mereka akan datang ke statusmu untuk Like dan Berkomentar balik.
9.    Semakin banyak akun jempolers yang kamu kunjungi dan komen maka kesempatan untuk mendapatkan like semakin banyak. 
Itulah sedikit tutorial dari saya, lebih dan kurangnya ya begitu, dan bisa langsung kalian praktekkan. Untuk contohnya anda bisa lihat ke Foto Facebok saya dan lihat semua yang berkomentar itu adalah jempolers. memang Like nya tidak begitu banyak karena saya kurang rajin keleling, hehe. kalian bisa masuk ke akun mereka dan berkomentar di status atau fotonya, dan insyahallah apabila pengaturan akun anda sudah di rubah sesuai di atas mereka akan bisa membalas Like dan komen anda. dan lakukan ke akun-akun jempolers lainnya. 
oke apabila masih ada yang kurang paham dan bingung bisa meninggalkan komentar di blog ini :) >>{SAMPOMSEL}<<  
 

Gambaran Bisnis Lewat Media Sosial

Bisnis Media Sosial

Gambaran Bisnis Lewat Jejaring Sosial - Pada dasarnya semuanya akan menuju ke arah yang lebih maju dan serbah canggih. Saat ini media sosial atau jejaring sosial telah menjadi sarana untuk berinteraksi dengan mudah tanpa batasan waktu, tempat, kapan dan dimapun. Jika dulu kita hanya berkomunikasi lewat telepon dan sms, tapi sekarang bisa dengan luas menggunakan jejaring sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, line twitter dan sejenisnya yang memiliki kelebihan masing-masing.  Seiring berkembanya waktu telah mengubah cara seseorang untuk memandang jejaring sosial lebih mengarah ke hal-hal yang bersifat keuntungan atau mendapatkan profit.

Belakangan ini semakin banyak pengguna jejaring sosial yang menggunakannya untuk bisnis, yaitu dimana pengguna jejaring sosial melakukan interaksi dengan yang lainnya untuk kepentingan yang menguntungkan. Misalnya melakukan promosi dan menjual produk baik secara online dan secara tidak online. 

Adanya grup facebook yang memudahkan untuk mencari barang. Dimana sekumpulan dari pengguna yang membuat grup facebook untuk dapat berinteraksi dengan yang lainnya guna untuk melakukan transaksi yang lebih mudah dan cepat. Contonya saja sebuah grup “Jual beli Handpone”, jadi dengan demikian akan memancing pengguna-pengguna yang ingin mencari handpone untuk bergabung dan membelinya dan yang pastinya akan menguntungkan kedua belah pihak. Sang penjual akan dapat dengan mudah menjual barangnya dan sang pembeli tidak perlu bersusah payah mencari barang yang ia cari.

Adanya Grup BBM yang memduahkan untuk melakukan bisnis online atau pemesanan barang. BBM yang dahulunya hanya digunakan untuk chattingan pun sekarang berevolusi menjadi jejaring sosial yang bisa mendapatkan keuntungan. Hampir sama dengan facebook, akan tetapi pada BBM transaksi yang akan semakin akurat. Misalnya seseorang membuat grup tentang penjualan pakaian secara online, yang kemudian akan mendapatkan satu pelanggan. Akibat kepuasan satu pelanggan tersebut pastinya akan membagikan Pin penjual kepada teman-temannya. Dengan demikian cakupan pada BBM akan semakin luas dan lebih akurat atau tepat sasaran.

Begitulah gambaran singkat dari  bisnis yang dilakukan oleh pengguna jejaring sosial yang pastinya akan menuju kepada tahapan yang lebih maju dan lebih memudahkan penggunanya. 

Tertarik kah anda mencobanya? Pastinya akan menguntungkan sebab saya pernah menekuni bisnis seperti ini. Saat itu yang saya jalani adalah bisnis pin konveksi, dengan Pin BBM tersebut dapat memudahkan saya untuk mencari pakaian yang bisa dijual kembali dengan mudah. Jadi saya tinggal menawarkan kepada teman-teman terdekat saya baik secara langsung atau dengan bantuan media sosial seperti facebook. Setelah saya mendapatkan pelanggan/pembeli selanjutnya saya tinggal memesan barang kepada distributornya lewat BBM dan kemudian saya membayar via Bank. Selanjutnya barang akan dikirim kepada saya dan selanjutnya saya akan memberikannya kepada pembeli dengan tentunya mengambil sedikit keuntungan. Bisnis tersebut merupakan bisnis yang ringan, santai dan menguntungkan. Tapi untuk saat ini saya sedang vakum untuk focus kuliah. Hehe kok malah curhat jadinya. 

Begitulah sedikit artikel dari saya mengenai perkembangan bisnis di jejaring sosial. Semoga bermanfaat. ! 

Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine

Google Gearch Engine
Apakah google webmaster itu penting? Jawabannya adalah sangat penting. Setelah sesorang membuat website/blog maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah mendaftarkannya ke mesin pencari yaitu google webmaster tools. Tujuannya adalah supaya website/blog dapat muncul pada mesin pencari dengan cepat. Kenapa dengan cepat? Pada dasarnya blog yang sudah didaftarkan akan terindeks dengan sendirinya ke google seiring berjalannya waktu, akan tetapi blog/website yang tidak didaftarkan pada webmaster akan kesulitan dan tidak semua konten pada website/blog akan muncul pada mesin pencari. Jadi kesimpulannya, google webmaster akan sangat berguna untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website pada mesin pencari terutama google.
Penjelasan di atas adalah gambaran singkat dari google webmaster tools, untuk selanjutnya sobat bisa mendaftarkan blog sobat dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Masuk ke situs google webmaster tools
Pastikan browser sobat sudah terkoneksi dengan akun google milik sobat yang merupakan akun google yang sama dan digunakan untuk mendaftar blog
b. Pilih Add Site (Tambahkan situs) 
Masukan URL atau alamat Blog sobat.
c. Selanjutnya setelah blog sudah ditambahkan kemudian klik dan masuk ke dashboard situs blog yang di daftarkan sebelumnya.
d. Setelah itu pilih pengaturan untuk verifikasi blog.
  • Klik icon pengaturan pada pojok kanan atas (bergambar gerigi). 
  • Kemudian setelah diklik maka akan muncul menu drop ke bawah dan selanjutnya klik Verification Detaills.
  • Setelah itu sobat akan diarahkan ke halaman verifikasi.
Mendaftarkan Blog ke Google Gearch Engine



e. Kemudian pilih metode verifikasi, gunakan “metode verifikasi yang berbeda”.
f. Kemudian pilih HTML tag.
g. Selanjutnya copy (salin) kode HTML yang ada pada gambar yang ditunjukan oleh huruf X. (lihat pada gambar))
Mendaftarkan Blog ke Google Gearch Engine

h. Selanjutnya memasukan kode verifikasi ke dalam blog sobat dengan cara:
  • Buka Tab Baru dan Masuk ke dashboard blog sobat.
  • Kemudian pilih template, dan pilih HTML.
  • Selanjutnya pastekan kode yang telah dicopy sebelumnya di blog sobat tepat di bawah kode <head>. (lihat gambar di bawah)
  • Kemudian simpan/save template.
Google Gearch Engine



i. Apabila sudah selesai, selanjutnya masuk kembali ke Tab Verifikasi Webmaster dan slesaikan dengan klik Verifikasi.

Pendaftaran dan verifikasi telah selesai, dengan demikian blog/website sobat sudah terdaftar di mesin pencari google dan yang harus dilakukan tinggal melakukan submit sitemap blog sobat.